Restoran Korea Tertua di Semarang, Rasanya Nendang Banget

Bulgogi di Seoul Palace, Semarang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Bagi pecinta drama Korea, tak perlu jauh-jauh terbang ke negara asal untuk mencicipi sensasi kelezatan makanannya. Di Kota Semarang, terdapat restoran yang sangat istimewa bagi Anda pecinta Korea.

Kayak di Drakor, Icip-icip Jjamppong Asli Korea Kini Ada di Jakarta

Namanya Seoul Palace. Sebuah restoran yang menjajakan makanan khas Korea tertua di Semarang. Restoran yang berdiri sejak tahun 1988 silam itu masih menjadi buruan warga pecinta makanan Korea, khususnya dari Semarang dan sekitarnya.

Baru-baru ini VIVA co.id sengaja menjajal sensasi makanan Korea di restoran yang dikenal paling otentik itu. Lokasinya berada di Jalan Pandanaran Nomor 109, Semarang. Dari luar gedung, restoran dengan dua lantai itu nampak biasa saja. Namun Anda akan terheran jika masuk ke dalamnya.

Libur Panjang Imlek, Intip 4 Wisata Menarik di Semarang Bernuansa Pecinan

Menginjakkan kaki di restoran ini, suasana khas Korea sangat khas terasa. Aneka hiasan dan pernak-pernik khas Korea, seperti meja dan kursi berjajar rapi. Dinding restoran makin khas dengan sejumlah gambar penari wanita Korea. Ada juga hiasan gentong-gentong berisi bumbu fermentasi yang kerap terlihat di drama-drama Korea.

Atiek, salah satu pramusaji restoran itu mengaku, sejak awal berdiri, restoran Seoul Palace memang mempekerjakan chef khusus dari Korea. Itu yang menjadikan citarasa masakannya paling otentik. Restoran ini pun hanya menyediakan olahan daging sapi, ayam, dan ikan. Jadi tidak ada pork atau daging babi.

Mau Wisata ke Kota Lama dan Lawang Sewu Semarang? Naik Kereta Cuma Rp10 Ribu

"Bumbu dasar masakan serta sejumlah peralatan saji juga khas Korea. Ada mangkuk batu atau panggangan batu, semua didatangkan langsung dari Korea," kata Atiek.

Seoul Palace, Semarang

Menu Andalan

Salah satu menu yang VIVA co.id pesan adalah Bulgogi, sebuah menu khas dari daging sapi. Di Seoul Palace, irisan lidah sapi ini jadi menu andalan yang banyak diminati pengunjung. Menu ini dimasak langsung di meja. Jadi kita bisa menikmati Bulgogi hangat hasil panggangan di atas meja sendiri.

Penyajian Bulgogi ini juga cukup unik. Sebelum dipanggang, harus disajikan dalam bentuk gulungan daging tipis yang sudah berbumbu. Cara memakannya bisa disantap langsung dengan saus cocolan, aneka salad, acar, atau kimchi.

"Mesti menu daging kami panggang singkat, tapi dijamin tetap empuk. Karena daging telah direndam bumbu-bumbu khas Korea semalaman," ujarnya sambil sesekali membalik irisan daging di atas panggangan.

Seoul Palace, Semarang

Selain mencoba Bulgogi, VIVA co.id juga menikmati menu otentik lain. Seperti Dak Bulgogi atau ayam BBQ, lidah sapi, Tang Sa Ao atau ikan asam manis, See Udikim atau udang tempura, nasi, serta Mo Dem Wail atau buah campur sebagai hidangan penutup. Selain perut kenyang, semua menu rasanya sungguh nendang.

Makanan khas Korea ini ditawarkan paket untuk empat orang. Satu paket berisi 10 menu komplit dengan harga mulai Rp375 ribu, Rp490 ribu, hingga Rp495 ribu. Bagi pengunjung yang membawa rombongan, pihak restoran menyiapkan tempat khusus di lantai dua yang bisa menampung hingga 100 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya