Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 13 September 2017 | 07:53 WIB
  • 13 Fakta Mengejutkan tentang Pasta

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Putri Firdaus
13 Fakta Mengejutkan tentang Pasta
Photo :
  • Pixabay/TheAndrasBarta
Pasta.

VIVA.co.id – Tak hanya di Italia atau Amerika Serikat, orang Indonesia juga banyak yang gemar menikmati pasta. Olahan tepung terigu ini juga tak jarang kita temui di berbagai restoran.

Namun, jangan mengaku pecinta pasta jika tak tahu mengenai sejumlah fakta-fakta di balik makanan ini. Berikut di antaranya, dilansir dari laman Buzz Feed, Rabu, 13 September 2017.

-Spaghtetto adalah bentuk tunggal dari kata spaghetti. Dalam bahasa Italia, kata yang diakhiri ‘i’ bersifat jamak, sedangkan yang diakhiri 'o' adalah tunggal atau singular.

-Sebelum ada mesin, pasta diuleni dengan cara diinjak. Adonan yang keras membuat para pekerja harus memanfaatkan tenaga kaki mereka untuk membuat pasta. Biasanya butuh 'satu hari berjalan' menguleni satu porsi besar adonan pasta.

-Pasta al dente atau yang dimasak hingga tingkat kematangan sempurna tidak hanya enak, tapi dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, karena pasta ini lebih lama dicerna di dalam perut.

-Setidaknya ada 350 jenis pasta dengan nama dan bentuk yang berbeda. Ya, spaghetti, farfalle, fettucini hanya sedikit di antaranya. 

-Rata-rata setiap orang Italia mengonsumsi 27 kilogram pasta setiap tahun.

-Biasanya porsi ideal menyajikan pasta berada di angka 100 gram. 

Membuat pasta

-Dulu banyak yang menganggap bahwa spaghetti berasal dari pohon. Pada 1 April 1957, BBC pernah menyiarkan sebuah lelucon berupa video dokumenter yang menunjukkan para petani tengah memanen spaghetti. Tak sedikit penonton yang tertipu dan berharap mereka juga dapat menanam pohon spaghetti di rumah mereka.

-Tanggal 25 Oktober ditetapkan sebagai Hari Pasta Dunia. 

-Pasta kering atau pasta kemasan terbuat dari dua bahan saja yaitu tepung semolina dan air. Keduanya adalah komposisi standar pasta. Banyak pasta kering yang juga dibuat dengan menggunakan telur.

-Dua bahan itu pula, tepung dan air, yang membuat makanan ini diberi nama pasta.

-Italia memproduksi 1,7 juta hingga 3.3 juta ton pasta setiap tahun. Jumlah yang cukup besar, bukan? Berat ini setara dengan bobot 400 ribu gajah.

-Jika melancong ke Italia, pasta kering Barilla dapat Anda jadikan oleh-oleh. Barilla adalah merek pasta populer di sana.

-Tiga pasta yang paling populer adalah spaghetti, macaroni dan penne.

Pasta berbentuk spaghetti.