Tips Sederhana Melakukan Food Pairing di Rumah

Ilustrasi food pairing.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA.co.id – Jika Anda dapat memasangkan satu hidangan dengan minuman yang tepat, maka cita rasa makanan yang Anda dapat akan lebih maksimal. Namun, jika sebaliknya, bukan tidak mungkin makanan yang biasanya terasa lezat, justru menjadi tak nikmat.

Netizen Soroti Makanan Viral Rupai Rambut Halus, Sebut Sop Bulu

Di sanalah kemampuan food pairing dibutuhkan. Bagaimana caranya? Anda bisa mulai dengan cara yang sederhana.

Seperti yang dicontohkan oleh Celebrity Chef, Dea Annisa-Vialdo. Untuk makanan yang creamy, jangan pasangkan dengan minuman bertekstur kental dan creamy pula. Sebaiknya pasangkan dengan minuman yang dapat kembali menetralkan lidah dan tenggorokan.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

"Kalau makanan creamy, jangan kasih minuman creamy juga. Kalau bisa pilih minuman yang membuat rasa creamy hilang. Bisa dengan minuman citrus misalnya," kata dia kepada VIVA.co.id di Jakarta, Kamis, 13 September 2017.

Hal sebaliknya bisa diberlakukan. Makanan bertekstur ringan bisa dipasangkan dengan minuman yang bertekstur padat.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Untuk minuman pembuka atau sebelum makan, Anda bisa memilih yang dapat meningkatkan nafsu makan. Seperti yang dicontohkan Mixologist Baxter Smith, Doni Donio, Anda bisa mulai dengan menyeruput mocktail terlebih dahulu atau bisa dengan minuman aperitif (minuman pembuka)

"Minum minuman aperitif yang mampu meningkatkan selera makan. Bisa wine, mocktail, tapi wine yang didestilasi, kemudian liquor," kata dia.

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024