Tips Usir Bau Masakan Menyengat dalam Ruangan

Ilustrasi memasak dengan gas
Sumber :
  • Pixabay/Republica

VIVA.co.id – Memasak memang menyenangkan. Namun bau masakan yang memenuhi seisi ruangan, bahkan hingga Anda selesai memasak, dapat membuat kurang nyaman. Tentu Anda pernah mengalami hal ini, bukan? Apalagi Anda yang tinggal di apartemen studio atau tinggal di indekos.

Manfaat Tak Terduga dari Daun Pandan

Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk meminimalisir bau masakan dalam ruangan. Caranya sangat sederhana, berikut di antaranya dikutip dari laman The Kitchen.

Tutup pintu kamar dan lemari saat memasak
Kain dapat dengan mudah menyerap bau, dan partikel yang menempel tersebut tidak dapat dihilangkan begitu saja. Untuk meminimalisir hal ini, Anda bisa tutup pintu kamar, lemari, sebelum memasak.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Pastikan ada saluran udara/ventilasi terbuka
Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan bau masakan adalah dengan menyediakan saluran udara. Anda bisa gunakan AC atau penyaring udara. Jika ingin hemat energi, cukup buka jendela ruangan dan menyalakan kipas angin untuk membantu bau masakan keluar.

Segera membersihkan dapur
Jangan diamkan peralatan masak yang sudah dipakai menumpuk terlalu lama. Segera bersihkan seluruh area dapur setelah memasak.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Rebus rempah favorit
Anda bisa hilangkan bau masakan dengan merebus rempah seperti kayu manis hingga kulit asam. Air rebusan ini bisa menjadi penyegar udara nan ekonomis buat Anda.

Gunakan semangkuk air cuka, baking soda atau bubuk kopi
Untuk menghilangkan sisa bau masakan, cukup sediakan mangkuk berisi cuka putih, baking soda atau bubuk kopi sebelum tidur. Diamkan semalaman. Paginya Anda bisa bebas dari sisa bau masakan.

Selamat mencoba! (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya