Sushi California Roll Ternyata Berasal dari Kanada

Sushi California Rolls.
Sumber :
  • Pixabay/DesignNPrint

VIVA.co.id – Pada tahun 1971 silam, sushi belum sepopuler saat ini. Kala itu, masyarakat di Amerika Utara belum siap untuk benar-benar menikmati sushi yang terdiri dari daging ikan mentah dan rumput laut.

Pemegang Saham Restoran Sushi Tempuh Jalur Pengadilan Agar RUPSLB Digelar

Hal tersebut disadari betul oleh seorang juru masak asal Vancouver, Kanada, Hidekazu Tojo. Ia lantas menciptakan varian sushi roll atau sushi gulung yang menjadi sushi paling terkenal di restoran sushi Kanada dan Amerika, California Rolls.

Sushi tersebut digulung dengan cara terbalik, yakni nasi di bagian luar dan rumput laut serta isiannya ada di bagian dalam. Sushi ini juga sering ditaburi dengan tobiko (telur ikan) atau biji wijen di bagian luar.

Rekomendasi 5 Restoran Sushi PIK yang Enak dan Tempatnya Estetik!

Tojo menciptakan California Roll sebagai cara untuk menyembunyikan rumput laut kering yang biasanya ada di bagian luar sushi, dan digunakan untuk membungkus nasi dan isian di dalamnya. Demikian seperti dilansir dari laman Food Beast, Rabu, 27 September 2017.

Ia ingin semakin banyak orang yang mau menyantap kuliner tradisional Jepang tersebut. Tojo mengatakan, dirinya sempat mendapat inspirasi untuk membuat inovasi tersebut saat berada di Jepang. Tak disangka-sangka idenya disambut baik oleh konsumen Kanada.

Restoran Jepang Ini Jual Sushi Terkecil di Dunia, Hanya dengan Satu Butir Nasi

Ia juga memilih sejumlah bahan yang akrab di lidah orang Kanada sebagai isian sushi. Bahan-bahan tersebut di antaranya surimi (semacam bakso ikan yang diciptakan sebagai imitasi daging kepiting), mentimun dan alpukat.

Sushi gulungnya dinamakan California Roll dari para wisatawan Los Angeles yang makan di restoran Tojo di Vancouver.

California Roll buatan Tojo juga dianggap menjadi gerbang bagi orang selain masyarakat Jepang untuk mau mencicipi sushi. Karenanya, Tojo diberi gelar duta kuliner Jepang tahun 2016 lalu oleh Kementerian Agrikultur, Perhutanan dan Perikanan Jepang. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya