Tergoda Kelezatan Telok Pindang dan Ukan Khas Palembang

Telok pindang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aji YK Putra

VIVA.co.id – Membahas kuliner Palembang, Sumatera Selatan, begitu banyak makanan yang bisa menggoyang lidah. Selain pempek, aneka ragam kuliner ada di Palembang. Namun, ada beberapa kuliner langka yang hanya disajikan pada acara tertentu saja.

Festival Kuliner Virtual Terbesar Dibuka, Bisa Dinner Bareng Idola

Seperti halnya Telok Ukan dan Telok Pindang. Dari namanya, Telok berarti adalah telur yang diolah menjadi makanan lezat. Akan tetapi, dua kuliner ini hanya dijual pada perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus dan acara adat yang dinamakan tradisi rebutan.

Telok Ukan merupakan telur bebek yang isi dalam telurnya dikeluarkan dengan hanya melubangi ujung telur. Selanjutnya, putih dan kuning telur dikocok bersama santan dan beberapa rempah-rempah.

Festival Nasi Online, Pasar Kuliner Lokal yang Bikin Kenyang

Setelah diolah, bahan tersebut kembali dimasukkan ke dalam kulit telur bebek dan ujungnya disumpal menggunakan sterofoam untuk dikukus selama tiga jam. Rasa telur ikan ini pun sangat lezat dan berempah.

"Kalau menggunakan telur ayam rasanya tidak terlalu enak. Jadi dalam pembuatan selalu menggunakan telur bebek," kata Ayen, salah satu pedagang Telok Ukan, ketika mengikuti festival pempek di Palembang Icon Mall, Rabu, 27 september 2017.

7 Makanan Khas Palembang yang Lezat Selain Pempek

Telok ukan.

                                        (VIVA.co.id/Aji YK Putra)

Berbeda dengan Telok Pindang. Makanan ini dibuat dengan menggunakan telur ayam. Rempah-rempah seperti serai, garam, asam jawa dan gula merah digabungkan menjadi satu. Lalu telur ayam direbus selama lima jam hingga kulit telur terlihat mengelupas.

“Untuk kuahnya, kita menggunakan kuah pindang biasa. Tetapi telurnya yang menjadi ciri khas. Karena kenyal lantaran lama direbus," ujar Ayen.

Ayen sendiri dalam kesehariannya merupakan pedagang pempek di kawasan 10 Ulu. Namun, di perayaan 17 Agustus dan tradisi rebutan, dia selalu membuat dua olahan telur bebek dan ayam tersebut.

“Kalau acara rebutan bisa habis 800 Telok Pindang dan Telok Ukan. Karena banyak dipesan. Hari biasa tidak dijual, selain ada pameran," katanya. Untuk harga, keduanya dipatok Rp5 ribu per butir.

Sebagai informasi, festival kuliner bertajuk Wonderful Indonesia itu diadakan oleh Kementerian Pariwisata RI selama 12 hari dimulai pada 27 hingga 8 Oktober 2017. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya