5 Makanan yang Ampuh Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Ilustrasi ubi.
Sumber :
  • Pixabay/sdnet01

VIVA.co.id – Kita tahu bahwa kurang tidur dapat menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh. Bahkan sebuah studi mengungkapkan bahwa kurang tidur bisa memperpendek usia.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Sebenarnya banyak yang mencoba untuk tidur lebih lama, namun ada saja gangguan yang menyebabkan keinginan tersebut tidak terlaksana. Tidak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi, salah satunya, dengan makanan.

Ada beberapa makanan yang ternyata dapat membantu Anda untuk terlelap dan mendapatkan tidur yang nyenyak. Berikut di antaranya, dilansir dari laman Food and Wine, Jumat, 29 September 2017.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Ubi

"Ubi adalah sumber kalium, magnesium dan kalsium yang dapat membuat tubuh lebih rileks," ujar pakar nutrisi, Jaclyn London.

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Ia menyarankan untuk mengonsumsi beberapa ubi panggang sebelum tidur. Entah dicampur dengan makanan lain atau dimakan begitu saja.

Pisang

Buah pisang juga memiliki kandungan magnesium dan kalium yang dapat membuat otot lebih rileks dan membantu Anda untuk terlelap.

Kacang-kacangan

Jika tidak suka ubi atau pisang, Anda bisa ganti camilan tersebut dengan kacang-kacangan. Lagi-lagi karena kacang juga memiliki kandungan magnesium.

Produk olahan susu

Jika Anda kerap mengalami insomnia, segelas susu hangat adalah salah satu solusinya. Tak hanya itu, semua produk olahan susu juga diklaim mampu memberikan efek yang sama, di antaranya yogurt, keju dan cracker.

Kalsium yang terdapat dalam produk olahan susu akan membantu otak untuk memproduksi melatonin yang dapat membuat Anda mengantuk.

Selada

Salah satu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi sebelum tidur adalah selada. Berkat kandungan laktuarium pada selada, mengonsumsinya dapat membuat Anda mengantuk. Efek zat ini pada tubuh diklaim mirip dengan efek konsumsi opium. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya