Lezatnya Kepiting Favorit Keluarga Cendana di Pemalang

Salah satu menu olahan kepiting di Rumah Makan Prima.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Bicara kuliner seafood atau boga bahari, olahan kepiting menjadi salah satu primadona. Di Jawa Tengah, kuliner kepiting yang cukup melegenda ada di Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Gelap Mata, Pencari Kepiting Bunuh Temannya Gara-gara Rebutan Wilayah

Namanya Rumah Makan Prima Spesial Kepiting. Restoran yang terletak di Jalan A Yani 33A Comal, Pemalang ini telah ada sejak tahun 2000 silam. Dari namanya, rumah makan ini memang memiliki satu menu kepiting yang paling spesial. Namanya kepiting prima.

Leliana (59 tahun), pemilik restoran tersebut mengatakan, kepiting prima menjadi menu legendaris lantaran diolah dengan cara yang cukup unik dan khas. Bahan utamanya adalah kepiting laut dan kepiting soka.

Beri Asistensi ke UMKM, Bea Cukai Kendari Antar Ekspor Perdana Kepiting Hidup ke Singapura

"Kepiting prima harus kita masak dengan (bumbu) mirip bumbu rendang tapi tanpa santan. Cara itu agar olahan kepiting tetap aman kolesterolnya," kata Leliana saat ditemui VIVA co.id di rumah makannya, Jumat, 29 September 2017.

Beda kepiting Prima dengan olahan kepiting lainnya adalah bumbu khas rempahnya. Saus kepiting prima cenderung kental dengan semacam bumbu kari, yang terbuat dari rempah-rempah, seperti jahe, kunyit, lada hitam dan sebagainya.

10 Kuliner Lokal Khas Thailand yang Harus Dicoba Sebelum Pulang ke Indonesia

Jika tidak mau repot-repot membongkar cangkangnya, kita bisa memesan kepiting soka yang berkulit lunak. Tapi Anda harus rela menunggu cukup lama, karena kepitingnya masih hidup. Jadi harus dibersihkan dulu dan dimasak agak lama supaya bumbunya lebih meresap.

"Kami ada 12 macam masakan kepiting, tapi yang paling spesial ya kepiting prima," ujar dia.

Rumah Makan Prima Spesial Kepiting.

                                        (VIVA.co.id/Dwi Royanto)

Diceritakan Leliana, awal mula kisah kepiting prima tak lepas dari pekerjaan suaminya, Hermawan yang menjadi dokter. Kebetulan suaminya ditugaskan di Puskesmas di kawasan pesisir Pemalang. Seringkali, suaminya diberi kepiting mentah oleh pasiennya hingga muncul ide memasak kepiting prima.

"Kami lihat kok banyak kepiting tapi di Comal cuma ada satu. Itu aja menunya goreng. Lalu kami buat kepiting dengan rasa yang lain. Lahirnya kepiting prima ini, " ucap Leliana.

Sejak saat itu olahan kepiting prima menjadi favorit banyak orang. Tak hanya pembeli di dalam kota, namun olahan kepiting Leliana juga telah dikenal di kota-kota lain seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan Yogyakarta. Pembelinya pun beragam profesi, mulai warga sipil, pebisnis, pejabat hingga kalangan artis.

"Bu Vina Panduwinata yang sering pesan kepiting prima. Biasanya dikirimkan ke teman-teman sesama artis. Keluarga Cendana juga rutin pesan ke sini," katanya.

Rumah Makan Prima Spesial Kepiting.

                                        (VIVA.co.id/Dwi Royanto)

Untuk harga kepiting prima pun bervariasi. Untuk olahan kepiting yang ada telurnya, Rp200 ribu per kilogram. Biasanya satu kilogram terdiri dari tiga ekor kepiting. Untuk kepiting biasa dan tidak bertelur harganya Rp170 ribu per kilogram.

Selain olahan kepiting, warung Leliana juga menyediakan olahan seafood lain serta berbagai masakan desa hingga kota yan cukup khas.

Rumah Makan Prima Sepesial Kepiting buka setiap hari pukul 08.00 WIB sampai 22.00 WIB. Selain tempat makan, rumah makan seluas satu hektare itu juga menyediakan beberapa fasilitas, seperti arena bermain anak, kolam renang, arena futsal, ruangan khusus bayi, toko suvenir dan batik, serta taman dan parkir yang cukup luas.

Paling unik adalah keberadaan saung-saung bambu berkonsep pedesaan dengan tanaman-tanaman hijau di samping kanan dan kiri. Anda pasti betah berlama-lama jika berada di sini. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya