Sate Padang Ajo Ramon yang Melegenda, Kuahnya Enak Banget

Sate Padang Ajo Ramon
Sumber :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

VIVA.co.id – Sate Padang menjadi makanan asal Sumatera Barat yang wajib dicoba setelah Nasi Padang. Berbahan dasar daging sapi, lidah, paruh yang berpadu dengan kuah kari kental dengan citarasa rempah dan ketupat selalu menjadi menu santapan pilihan.

Makan Siang? Icip Nasi Kapau Prasmanan Ala Mintuo

Salah satu Sate Padang yang paling banyak digemari oleh masyarakat Jakarta adalah Sate Padang Ajo Ramon. Sate ini pun disebut-sebut masyarakat sebagai salah satu Sate Padang yang paling enak seantero Jakarta.

Lalu apa sih yang membuat masyarakat menyukai sate ini? Beberapa pengunjung yang ditemui VIVA.co.id di Festival Santan Coolinair ini mengaku, kunci kelezatannya ada pada bumbu dan kuahnya yang berbeda dengan Sate Padang lainnya.

Cemilan Khas Minang Ala Emak-Emak Teluk Kabung Utara

"Biasanya kalau beli Sate Padang itu pakai lidah biar murah, tapi kalau Sate Padang Ajo Ramon ini lebih sering pakai daging sapi," ungkap Ufa, seorang pengunjung.

Selain itu, menurutnya, kuahnya yang kental berpadu dengan bumbu rempah-rempah menjadi pelengkap kenikmatan sate ini.

Jariang Hotplate, Olahan Jengkol Tak Biasa yang Bikin Nagih

"Kalau kuahnya, ini lebih kuat sih rasa rempahnya, tapi enggak aneh. Kalau bedanya sama kuah sate lainnya biasanya encer. Pokoknya rasanya pas lah," jelasnya.

Hal serupa pun disampaikan oleh Fauzi yang mengatakan adanya tambahan bumbu kunyit yang ada di sate sehingga membuat sate ini berbeda.

"Jadi lebih kuat rempahnya kalau ini. Enak dan kece lah rasanya," jelasnya.

Mencicip Sate Padang Ajo Ramon

Sayangnya, ketika menyambangi booth Sate Padang Ajo Ramon di Festival Santan Coolinair Senayan City, kami belum bisa menemui salah satu anak dari Ajo Ramon untuk mengetahui resep rahasianya dalam menyajikan Sate Padang terpopuler ini.

Untuk itu, kami pun mencoba untuk pertama kalinya sate Padang Ajo Ramon. Sate ini memiliki ukuran yang menurut kami pas tidak kecil seperti sate padang pada umumnya namun juga tidak besar.

Daging berserat kenyal dengan bumbu rempah di satenya membuat kami terus-terusan ingin melahapnya. Belum lagi kuah kentalnya yang gurih berpadu dengan pas di mulut. Kuahnya ini pun pas jika hanya dikonsumsi dengan sebuah ketupat tanpa sate ini. Dan pastinya, tidak terlalu pedas, pas untuk kalian yang tidak menyukai sensasi panas terbakar di mulut.

Untuk satu porsi, sate padang ini dihargai Rp25.000 lengkap dengan ketupat di dalamnya. Kalian yang ingin mencobanya dapat mengunjungi Santan Coolonair by AirAsia di area The Space Senayan City. Festival digelar hingga 1 Oktober 2017 mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya