Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 9 Oktober 2017 | 07:25 WIB
  • Resep Cupcake Bagi Anak Alergi Susu

  • Oleh
    • Finalia Kodrati,
    • Rintan Puspitasari
Resep Cupcake Bagi Anak Alergi Susu
Photo :
  • Pexels/Unsplash
Ilustrasi cupcake

VIVA.co.id – Tak mudah bagi anak yang memiliki alergi susu mendapatkan makanan favoritnya. Terlebih lagi, saat ini, banyak makanan dan olahan yang menggunakan susu, sebagai bahan dasarnya. Hal ini membuat banyak orangtua yang memiliki anak alergi susu sempat bingung, dan berusaha mencari solusi untuk menanganinya. 

Kebingungan itu juga yang awalnya dialami artis cantik Mona Ratuliu. Putri ketiganya Shanala Kania Salsabila (Nala) ternyata memiliki alergi terhadap susu, dan juga makanan laut. Mona pun memutuskan untuk membuat makanan sendiri. 

"Banyak sekali pengganti susu, susu beras (air tajin) bisa dipakai, susu almond, susu kedelai. Tapi untuk susu kedelai, menurut dokter, ada 20 persen anak yang intoleran terhadap susu juga alergi terhadap susu kedelai," kata Chef Diana Cahya, dalam acara Home Made With Love, di Grand Metropolitan Mal, Bekasi, Jawa Barat, 8 Oktober 2017.

Untuk itu, Nala yang juga doyan masak, dibantu oleh Chef Diana membuat cupcake yang aman, enak meski tanpa menggunakan susu atau hal lain yang berbau susu. Lantas, bagaimana resepnya?

Resep:
4 butir kuning telur
2 putih telur
100 gram gula
20 gram cocoa powder
tepung terigu
minyak zaitun secukupnya
vanila cair

Cara membuat:
1. Masukkan kuning telur, putih telur, gula, kocok hingga fluffy, lalu tambahkan tepung sedikit demi sedikit dan cocoa powder.
2. Tambahkan minyak zaitun agar adonan lebih moist
3. Tambahkan vanila agar lebih harum
4. Masukkan dalam oven dalam suhu 180 derajat celsius selama 20 menit.
5. Gunakan selai stroberi untuk menempelkan fondan di atas cupcake. Selai stroberi dibuat dengan cara masukkan stroberi dan tambahkan gula, masak sampai kental.
6. Hias dengan fondant warna warni, bentuk sesuai selera. (ren)