Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 9 Oktober 2017 | 15:20 WIB
  • Sup Kalengan Ini Berusia 46 Tahun

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Putri Firdaus
Sup Kalengan Ini Berusia 46 Tahun
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi makanan kaleng

VIVA.co.id – Food Bank atau bank makanan adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh sejumlah negara untuk mengatasi masalah kelaparan. Makanan ini berasal dari donasi masyarakat.

Biasanya makanan masih layak makan tetapi tidak dikonsumsi oleh pemiliknya berakhir di bank makanan. Sayangnya, ada pula yang mendonasikan makanan tanpa memperhatikan tanggal kedaluwarsa.

Seperti yang diterima Cardiff Food Bank, Wales, Inggris, misalnya. Bank makanan ini menemukan donasi berupa satu sup kaleng, Heinz Kidney Soup, berusia 46 tahun.

Dikutip Daily Meal dari laman BBC, Senin, 9 Oktober 2017, kemasan makanan tersebut sudah berkarat namun masih terutup rapat. Label harganya pun masih tertera di bagian atas kaleng.

Dituliskan bahwa harga sekaleng sup tersebut adalah '10d'. Huruf 'd' sendiri mengindikasikan mata uang lama yang pernah digunakan Inggris. Namun, sistem harga tersebut sudah diganti sejak 1971. Artinya, sup tersebut bisa saja berusia 46 tahun atau bahkan lebih.

"Lucunya, bisa jadi makanan tersebut masih awet. Namun, apa aku akan memakannya? Tentu tidak," ujar Helen Bull perwakilan Cardiff Food Bank pada BBC.

Bull mengatakan, sup kaleng tersebut merupakan makanan tertua yang pernah ia terima. Sebelumnya ia juga pernah mendapatkan kiriman jagung kaleng produksi tahun 1982 dan pasta dari tahun 70-an.

Produsen sup kaleng tersebut, Heinz, cukup terkejut dengan temuan bank makanan tersebut. Perusahaan ini mengatakan sup tersebut sudah tidak diproduksi sejak 35 tahun lalu.

"Wow! Sup itu sudah tidak diproduksi sejak 35 tahun lalu. Seharusnya makanan itu ada di museum ketimbang bank makanan," tulis perusahaan tersebut melalui akun Twitter mereka.