Supaya Porsi Makan Tak Jumbo, Begini Caranya

Ilustrasi Makanan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Membiasakan pola makan sehat kini semakin banyak dilakukan orang. Selain beralih ke makanan yang lebih sehat, kebanyakan orang juga mulai mengontrol porsi makan.

Dewi Perssik Beri Jawaban Menohok Saat Disindir Soal Porsi Makannya

Namun bagi Anda yang kesulitan mengatur porsi makan, tidak perlu khawatir karena ada beberapa hal yang hanya perlu dibiasakan. Apa saja? Berikut di antaranya seperti dilansir laman Eating Well.

Gunakan piring atau wadah kecil

Pantesan Ngeluh, Ternyata Porsi Sekali Makan Rohingnya Banyak Banget

Hindari menggunakan piring berukuran besar. Anda bisa gunakan piring untu kukuran anak-anak bila perlu. Pilih dessert dengan ukuran kecil atau semangkuk sereal sebagai pengganti.

Latih mata Anda

Imigran Rohingya Ngeluh Porsi Makan di Pengungsian Sedikit, Warganet Indonesia Geram

Luangkan waktu sejenak untuk mengatur porsi Anda setiap hari. Ingat posisi dan kuantitas makanan yang ada di piring mulai dari nasi, sayur, lauk hingga buah. Selalu gunakan piring atau wadah yang sama dengan porsi dan posisi yang sama.

Beli makanan single-serving

Lakukan cara ini saat membeli kudapan seperti es krim, kukis, puding hingga keripik. Atau jika membeli ukuran besar, bagi makanan tersebut ke dalam beberapa porsi yang lebih kecil. Ini cukup efektif untuk menghindarkan Anda dari makan atau ngemil terlalu banyak.

Baca label

Pastikan Anda mengonsumsi makanan kemasan sesuai porsi yang dianjurkan pada label di kemasan makanan. Sisanya bisa Anda nikmati esok hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya