Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 10 Oktober 2017 | 16:18 WIB
  • Rumput Laut Bukan Cuma Nori, Ketahui Ragamnya

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Putri Firdaus
Rumput Laut Bukan Cuma Nori, Ketahui Ragamnya
Photo :
  • Pixabay/prafalarcomomarcos
Rumput laut jenis nori digunakan untuk membungkus sushi.

VIVA.co.id – Rumput laut dikenal sebagai makanan sehat kaya gizi. Tumbuhan ini memiliki kandungan yodium dan antioksidan tinggi. Selain dijuluki sebagai superfood, tumbuhan ini juga kerap digunakan sebagai pelengkap masakan.

Namun, tahukah Anda rumput laut terdiri dari beberapa jenis dan tidak semua masakan menggunakan jenis rumput laut yang sama? Berikut beberapa rumput laut yang populer di dunia kuliner, dilansir laman Huffington Post, Selasa, 10 Oktober 2017.

Nori

Rumput laut ini umum digunakan untuk membuat sushi. Terkadang nori digunakan sebagai campuran sup miso dan garnish pada salad. Biasanya pula nori dipanggang atau digoreng untuk dimakan seperti keripik.

Wakame

Varian rumput laut ini biasanya akan Anda temukan pada salad atau sup miso. Rasanya agak manis dan kaya rasa. Biasanya wakame dijual kering dan daya serapnya tinggi saat disiram air. Volumenya akan bertambah saat diberi air.

Kombu

Rumput laut yang satu ini biasanya digunakan sebagai bahan pembuat dashi alias kaldu Jepang. Rumput laut ini disebut konbu, dashima atau old kelp. Sama seperti wakame, rumput laut ini dijual kering, namun teksturnya lebih tebal.

Dulse (ganggang merah)

Biasanya ganggang merah digunakan sebagai campuran sup atau camilan renyah.

Arame

Rumput laut yang ini memiliki bentuk berbeda dari yang lain. Biasanya arame berwarna coklat tua seperti serabut dan rasanya cenderung manis. Sama seperti dua rumput laut sebelumnya, kombu dan wakame, arame dijual dalam keadaan kering. Arame juga cocok jadi pendamping salad dan nasi.