Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 11 Oktober 2017 | 03:01 WIB
  • Umami, Rasa Kekinian yang Dikagumi

  • Oleh
    • Beno Junianto
Umami, Rasa Kekinian yang Dikagumi
Photo :
  • Pixabay/katjasv
Hasil makanan cantik setelah difoto.

VIVA.co.id – Istilah umami, saat ini tengah menjadi tren di Indonesia. Di beberapa resto misalnya, umami selalu dimasukkan ke pilihan menu.

Namun, sayangnya tidak banyak orang yang mengenal kata umami. Padahal, kata umami sudah tren di Jepang, dan sempat ramai di perbincangan media sosial.

"Umami itu istilah di Jepang, untuk rasa gurih. Dan, rasa ini (umami) masuk dalam lima rasa dasar," ujar Wakil Dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, Prof. Ahmad Sulaeman, melalui keterangan tertulis kepada VIVA.co.id, Selasa 10 Oktober 2017.

Empat rasa dasar yang sudah ada sebelumnya adalah manis, asin, asam, dan pahit. "Nah, umami ini masuk sebagai rasa dasar kelima, yakni gurih," ujarnya.

Umami menjadi daya jual dalam kuliner di Indonesia, ketika orang mulai mengurangi rasa manis, asin, pahit dan asam dalam menu makanan mereka. Rasa gurih, kini menjadi pilihan menu di banyak restoran. Bahkan, umami telah dinobatkan sebagai kata kunci kuliner abad ke-21.

"Artinya, ketika orang mendengar kata umami, maka mereka akan tertarik untuk makan setidaknya sebagai pilihan alternatif selain empat rasa yang sudah ada,” jelasnya.

Secara terpisah, Chef Ragil Imam Wibowo dari NUSA Indonesian Gastronomy, menyebut umami telah menjadi daya jual dalam kuliner di Indonesia.

Senada dengan Prof. Ahmad Sulaeman, dia menggolongkan umami sebagai salah satu bagian dari lima rasa dasar selain rasa manis, asam, pahit, dan asin yang telah diketahui sebelumnya.

“Rasa umami adalah gurih. Rasa ini dapat diperoleh secara alami dari berbagai macam bahan makanan, seperti kaldu ayam, daging sapi, ikan, kerang, udang, kecap ikan, kecap asin, kecap inggris, rumput laut, tomat, bawang putih, asparagus, jamur, miso, tauco,  keju, terasi, dan masih banyak lainnya,” kata Ragil.

Ia bercerita, dirinya sempat berkeliling Indonesia untuk menemukan bahan-bahan yang bisa dijadikan umami.

“Hasilnya, saya menyimpulkan bahwa di Indonesia ada ratusan bahan baku yang bisa dijadikan umami. Dengan kata lain, Indonesia bisa dibilang gudangnya umami,” kata Ragil.