Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 11 Oktober 2017 | 07:02 WIB
  • 9 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Masak Steik

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Putri Firdaus
9 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Masak Steik
Photo :
  • Pixabay/ink_lee0
Steik.

VIVA.co.id – Anda penggemar steik dan ingin membuatnya sendiri di rumah? Ketahui hal-hal sepele yang kerap menggagalkan Anda mendapat steik sempurna ala restoran bintang lima ini.

Hal tersebut diutarakan oleh Billy Oliva. Ia merupakan salah satu juru masak di restoran steik terkenal di Wall Street, Delmonico's yang berdiri sejak  1873. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini, dilansir dari Bussiness Insider, Selasa 10 Oktober 2017:

Langsung memasak daging yang masih beku

Kesalahan pertama yang banyak dilakukan saat membuat steik adalah langsung memasak daging yang terlalu dingin.

"Di restoran, kami memilih daging dengan suhu ruang, agar hasilnya lebih sempurna. Jika terlalu dingin, bagian luar steik akan hangus. Sedangkan bagian dalam masih lebih mentah, dari seharusnya," kata Oliva.

Suhu wajan tidak panas

Jika wajan tidak panas, ujung-ujungnya Anda akan merebus daging. Cairan daging akan hilang dan Anda hanya akan mendapat potongan daging berwarna abu-abu yang alot.

Takut bermain bumbu

Menurut Oliva, banyak orang yang hanya membumbui satu sisi daging steik saja, atau terlalu sedikit memakai bumbui.

"Kami membumbui kedua sisi (daging). Kami menggunakan kombinasi garam kosher dan garam laut. Kami juga menggunakan bubuk lada segar,” ujarnya.

Memanggang terlalu lama

Jangan terlalu lama memanggang steik dan segera balik daging, saat dipanggang di dalam oven. "Kami memanggang untuk memberi warna pada daging dan membaliknya, dan memanggangnya kembali," kata dia.

Menusuk daging dengan garpu untuk mengecek kematangan

Berbeda dengan kue, hal ini tidak boleh dilakukan saat memasak steik. "Ketika Anda menusuk daging steik, darah, dan seluruh cita rasa dan cairan dalam steik akan hilang,” ucapnya.

Terlalu sering membolak-balikkan steik

Panggang steik dalam wajan panas dan biarkan hingga daging terkaramelisasi. Cukup balik daging sekali saja.

Menekan daging saat dimasak

Hal ini sama buruknya dengan menusuk daging dengan garpu. Tugas utama Anda adalah mempertahankan rasa daging. Semakin sering menekan, maka semakin banyak lemak daging yang keluar. Lemak ini adalah salah satu komponen yang membuat daging kaya rasa.

Langsung menyantap steik setelah dipanggang

Diamkan daging steik beberapa saat setelah dipanggang. Biarkan cairan daging berkumpul terlebih dahulu. Lamanya mendiamkan daging steik tergantung dari ukuran. 10 menit adalah durasi rata-rata yang dibutuhkan untuk semua jenis potongan daging.

Lupa memberikan bumbu sebelum menyajikan

Bumbu kerap hilang saat proses memasak. Oleh karenanya, Oliva menyarankan untuk menaburkan garam di permukaan daging sebelum disajikan. (asp)