Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 11 Oktober 2017 | 11:41 WIB
  • Bukan Lumpia Semarang Biasa, Super Pedas Siapa Berani Coba?

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Dwi Royanto (Semarang)
Bukan Lumpia Semarang Biasa, Super Pedas Siapa Berani Coba?
Photo :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto
Lumpia bengkoang, varian baru lumpia khas Semarang.

VIVA.co.id – Kuliner khas Jawa sering dikenal dengan cita rasa manis pada setiap sajiannya mulai dari camilan hingga makanan utama. Lumpia misalnya, meskipun dominan memiliki rasa asin, namun camilan khas Semarang ini tetap saja memiliki sentuhan cita rasa manis dalam isian tumis rebung dan daging. Selain itu, saus kental bening yang melengkapinya juga disajikan gurih manis.

Meski identik dengan rasa manis, baru-baru ini kreasi lumpia dibuat khusus bagi para pencinta makanan pedas. Namanya Lumpia Mbledos. 

Isiannya tetap sama, seperti lumpia original rebung muda, atau irisan daging serta telur, namun tersaji dengan bumbu super pedas yang bisa diatur tingkat kepedasannya.

"Kita buat lumpia Mbledos ini khusus dengan bumbu pedas. Karena memang banyak pencinta kuliner akhir-akhir ini suka makanan pedas," kata Ivone Wibowo, pembuat lumpia Mbledos kepada VIVA co.id.

Ivone menyebut, cita rasa lumpia Mbledos lebih terasa jika dimasak orisinal dengan isian rebung muda. Alasannya, rebung sebagai bahan utama lumpia memang memiliki cita rasa yang khas sejak tempo dahulu. 

"Biasanya lumpia dikreasikan dengan daun loncang dan cabai tersendiri. Tapi saya pikir jika rasa pedas ini langsung di dalam lumpianya akan lebih menarik," ujar dia.

Varian lumpia Mbledos karya Ivone diakuinya cukup laris. Melalui toko bernama Lumpia Modern di Jl Nias Kota Semarang, pengunjung biasanya penasaran dengan lumpia super pedas tersebut. Warungnya juga melayani pre order baik dalam dan luar kota Semarang. 

Baru-baru ini ia juga mengkreasikan lumpia berisikan buah bengkoang sebagai varian baru. Selain harganya yang bersahabat, pembeli varian lumpia di lokasi ini juga dibebaskan memilih isian tambahan seperti udang atau daging ayam sesuai selera. Untuk lumpia Mbledos dijual dengan harga Rp9 ribu per buah.