Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 11 Oktober 2017 | 16:00 WIB
  • Mencicipi Aneka Kopi Gratis Hingga Belajar Membatik

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Putri Firdaus
Mencicipi Aneka Kopi Gratis Hingga Belajar Membatik
Photo :
  • VIVA.co.id/ Putri Firdaus
Aneka kopi

VIVA.co.id – Dalam rangka mengharumkan keanekaragaman kopi Nusantara, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) kembali menyelenggarakan Festival Rembug Kopi Nusantara 2017 di Gedung SME Tower SMESCO Indonesia, Jakarta. Gelaran yang bertajuk Drink Coffee Wear Batik ini dilaksanakan mulai 11-13 Oktober 2017.

Sebanyak 25 stand kopi dari berbagai daerah milik para petani kopi binaan TNI-AD hingga perseorangan dipamerkan dalam festival ini. Tak hanya kopi, beberapa alat pengolahan kopi dihadirkan di sini.

"Dengan acara ini diharapkan para pelaku  UKM di bidang kopi dapat berkumpul dan saling bersinergi dalam rangka membranding produk kopi unggulan dari masing-masing daerah," ujar Emilia Suhaimi, Direktur Utama LLP-KUKM saat membuka festival ini, Rabu, 11 Oktober 2017.

Kopi

Sejalan dengan tema yang diangkat, beberapa stan kain batik ikut meramaikan festival ini. Salah satu stan juga membolehkan pengunjung untuk membatik menggunakan canting.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan akan memberi pemahaman tentang dunia perkopian Indonesia kepada masyarakat luas sehingga bagi para pengusaha skala mikro kecil dan menengah dapat memanfaatkan peluang usaha di bisnis kopi ini," kata dia.

Selain Pameran Produk Kopi Nusantara dan sarana pendukung usaha di bidang kopi, dalam tiga hari pelaksanaan event tersebut juga akan dibagikan minuman kopi secara gratis.

Di hari pertama akan ada aneka lomba kopi, seperti lomba roasting kopi, coffee cupping competition, public cupping yang akan dinilai oleh certified Q-grader. Kemudian pada hari kedua digelar brewing fun throwdown "Ngulik Robusta Fine". Selain itu akan ada Pemilihan Duta Kopi, den lomba busana batik.

Bagi yang ingin mempelajari brewing, dibuka juga Logica Brewing Class pada hari pertama, serta akan dilengkapi pula dengan Cold Brew Demo bersama SCAl dan Latte Art Demo, dan ada juga kegiatan di dalamnya seperti lnSpiratif Talk Show mengenai ”Successful Coffee Car Seller" pada hari pertama dan “Specialty Coffee Appreciation-Menghargai Kopi yang Berkualitas" dan juga ”Yang Muda yang Berprestasi”, serta talk show ”Mengait Rupiah, Menembus Mimpi, dengan Kopi” pada hari kedua.

Batik Mega Mendung