Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 13 Oktober 2017 | 10:19 WIB
  • Jelajah Gizi Lewat Sedapnya Kuliner Khas Malang

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Lutfi Dwi Puji Astuti
Jelajah Gizi Lewat Sedapnya Kuliner Khas Malang
Photo :
  • TVOne
Cwie Mie Malang.

VIVA.co.id – Indonesia merupakan negara yang kaya dengan kuliner Nusantara. Saat menjelajah daerah-daerah di Indonesia, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner lokal daerah setempat.

Hari ini, Jumat, 13 Oktober 2017, VIVA.co.id berkesempatan ikut menjelajahi Kota Malang, Jawa Timur, bersama Nutricia dalam program Jelajah Gizi 2017. Beragam menu khas Malang akan dicicipi mulai dari bakso Malang, cwie mie Malang,  mendol atau sejenis perkedel yang berbahan dasar oncom,  hingga nasi bungkus atau sejenis nasi campur.  

Meski hanya menikmati makanan lokal, jangan salah, menu-menu khas ini juga punya nilai gizi. Ahli gizi, Prof Ir Ahmad Sulaeman, MS, PhD menjelaskan bahwa makanan khas daerah tak hanya memiliki kekhasan rasa, tapi terkandung juga nilai gizinya.

"Komponen nutrasetikal yang bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran. Sangatlah menarik bila masyarakat mengetahui nilai gizi dan komponen lain yang dikonsumsi dari makanan daerah ini, sehingga kita bisa menentukan ragam dan porsi yang tepat sesuai kebutuhan maupun untuk menjaga kesehatan atau mencegah penyakit," tutur dia.

Penting pula diketahui, Ahmad menambahkan, saat menjelajah kuliner daerah bukan berarti Anda bisa sepuasnya melahap menu khas. Perlu diperhatikan pemenuhan gizi sesuai dengan usia,  jenis kelamin, keadaan fisiologis dan aktivitas yang dijalani selama melakukan perjalanan.

"Untuk memenuhi kebutuhan gizi itu juga bisa didapat dari pandangan lokal yang ada di sekitar.  Pemenuhan kebutuhan gizi dengan mengutamakan bahan lokal juga mempunyai beberapa keuntungan, di antaranya lebih mudah ditelusuri, lebih bervariasi dan benar-benar enak," katanya. (ren)