Anti Gagal, Ini Tips Membuat Egg Benedict Ala Amerika

Egg Benedict
Sumber :
  • Viva.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Egg Benedict adalah salah satu menu sarapan yang cukup populer di Amerika Serikat. Sajian ini terdiri dari English muffin atau roti panggang, potongan ham atau bacon, saus Hollandais, dan telur setengah matang. 

10 Kuliner Paling Populer di Dunia Sepanjang 2018, Mana Favoritmu?

Makanan ini juga mulai gampang ditemui di restoran di Indonesia. Salah satunya di Harlow Restaurant yang berlokasi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. 

Egg Benedict disajikan dengan telur setengah matang yang ditaruh di atas muffin dan bacon panggang. Tumpukkan ini kemudian disiram dengan saus Hollandais ditaburi sedikit bubuk cabai.

Tren Waffle Bertabur Topping Unik dan Disajikan Dalam Porsi Besar

Tak lupa, baby spinach, cherry tomato, irisan bawang merah dijadikan pendamping sajian ini. "Kita pakai baby spinach yang direbus terlebih dahulu. Disajikannya seperti salad," kata Gema, head chef Harlow Restaurant kepada VIVA.co.id.

Jika melihat dari presentasinya, membuat Egg Benedict terlihat gampang. Namun, salah satu tantangan ada pada pembuatan telur setengah matang dan saus Hollandais-nya..

Donat, Kuliner Klasik AS yang Kembali Ngetren

Jika tidak lihai, telur akan terlalu matang. Bagaimana mensiasatinya? Gema menyarankan, untuk menambahkan garam dan cuka dalam air rebusan telur. Cukup rebus telur sekitar 1,5 menit saja.

"Kalau air sudah bubbling, suhunya dikecilin, masukkan telur 1,5 menit," kata dia.

Dilansir laman Kitchen Riff, kesalahan umum saat membuat saus Hollandais adalah menambahkan butter dalam keadaan panas ke dalam telur. Seharusnya, masukkan butter sedikit demi sedikit ke dalam kuning telur yang sudah diaduk. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya