Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 14 Oktober 2017 | 13:58 WIB
  • 5 Mitos Makanan dari Seluruh Dunia Ini Dipercaya Bikin Sial

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Putri Firdaus
5 Mitos Makanan dari Seluruh Dunia Ini Dipercaya Bikin Sial
Photo :
  • Pixabay/bohed
Ilustrasi makan.

VIVA.co.id – Dalam berbagai kebudayaan, mitos menjadi bagian yang tak terpisahkan dan dipercaya oleh penduduk setempat. Tak hanya soal makhluk astral dan tempat bersejarah, ternyata mitos juga terdapat dalam jenis makanan tertentu. 

Dilansir dari laman Delish pada Sabtu 14 Oktober 2017, ada mitos dari berbagai negara yang mempercayai bahwa makanan tertentu mampu membawa sial. Hingga saat ini, penduduk setempat masih mempercayai mitos tersebut. Jika Anda berkesempatan untuk berkunjung ke sebuah negara, pastikan beberapa mitos tentang makanan ini Anda ketahui. Apa saja? Berikut, di antaranya:

Pisang di atas kapal

Membawa pisang ke atas kapal dipercaya dapat membawa sial. Mitos ini bermula dari kepercayaan seorang nelayan yang menganggap bahwa keberadaan pisang di atas kapal dapat memberi peruntungan yang buruk pada hasil tangkapan ikannya. Dikutip Delish dari laman Los Angeles Times, nelayan modern pun masih percaya dengan mitos ini. Mereka, bahkan ada yang melarang membawa buah berwarna kuning hingga melarang pakaian yang bercorak pisang, atau berkaitan dengan pisang.

Garam

Menabur garam pada bahu kiri dipercaya dapat menjauhkan Anda dari sial. Mitos ini berasal dari kepercayaan bahwa setan duduk di baku kiri dan malaikat di bahu kanan. Maka, jika ingin mengusir setan, taburkan sedikit garam pada bahu kiri Anda.

13 orang saat makan malam

Makan malam yang dihadiri 13 orang saja dikatakan dapat membawa sial. Mitos ini berasal dari budaya Prancis. Dilansir Huffington Post, di Prancis terdapat sekelompok orang yang menamakan dirinya quartoziens (fourteeners). Mereka bersedia menjadi tamu ke-empat belas dalam makan malam yang dihadiri oleh hanya 13 orang. F.D Roosevelt juga disebut-sebut percaya dengan mitos ini sehingga ia selalu menolak makan malam yang hanya dihadiri 13 tamu.

Memotong mi

Jika dalam kepercayaan Tionghoa, mi dikatakan dapat membawa keberuntungan, namun hal sebaliknya terjadi jika Anda menggunting atau memotong mi. Apalagi, jika mi yang dipotong disajikan saat tahun baru atau pesta ulang tahun.

Lada dan pertemanan

Banyak yang percaya bahwa lada akan membawa kerenggangan dalam hubungan pertemanan. Dilansir laman MyRecipes, saat memasak, jika Anda memberikan lada secara langsung pada teman, akan terjadi pertengkaran dengan teman Anda. Jadi, Anda bisa letakkan di tempat lain dan suruh teman Anda untuk mengambilnya sendiri, asal tidak diserahkan secara langsung.