Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 14 Oktober 2017 | 16:39 WIB
  • Siap-siap Festival Kopi Sanger 2017 Sajikan Kulier Khas Aceh

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Dani Randi (Banda Aceh)
Siap-siap Festival Kopi Sanger 2017 Sajikan Kulier Khas Aceh
Photo :
  • VIVA.co.id/Dani Randi
Kopi susu khas Aceh

VIVA.co.id – Setelah sukses dilaksanakan selama tiga tahun terakhir, Sanger Day kembali digelar. Sanger Day atau Hari Sanger 2017 adalah gerakan mempopulerkan minuman kopi sanger yang jadi kebanggan kota Aceh.

Gerakan hari sanger ini sudah ada sejak 2014 silam yang dicetuskan oleh sekelompok anak muda di lini massa yang tergabung dalam komunitas @iloveaceh. Sejak itu, setiap bulan Oktober, festival sanger digelar.

Tahun ini, festival sanger direncanakan akan berlangsung di FJ’s Coffee Shop Pasar Newton Batoh, Banda Aceh  pada 21-22 Oktober 2017 mendatang. 

Ketua Panitia Sanger Day 2017, Reyhan Gufriyansyah menyebutkan bahwa Sanger tahun ini diperkirakan akan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. 

Mengangkat tema 'Beragam Peunajoh Satu Cita – Kuliner Aceh Pesona Rasa', festival ini tak hanya menyuguhkan kopi semata, namun segala kuliner unik khas Aceh.

"(Akan ada) sejumlah jajanan tradisional Aceh yang kini mulai langka, menariknya lagi (acara ini) akan dihadiri Chef nasional," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh, Rahmadhani menyebutkan, adanya kegiatan festival untuk Sanger Day ini menjadi nilai tersendiri bagi daya tarik pariwisata.

“Mengenalkan Sanger lewat media sosial menurut kami cukup pas, terlebih saat ini era promosi digital begitu mudah, apapun keunikan kuliner dan minuman serta pariwisata di Aceh, cara paling mudah dipromosikan adalah lewat medsos,” ujarnya pada VIVA.co.id.

Sanger adalah salah satu minuman kopi khas Aceh. Mirip Latte ala Italia. Dibuat dari campuran kopi, gula, dan susu, minuman ini memiliki rasa dan aroma unik karena menggunakan kopi khas Aceh.

Minuman Sanger ini mulai populer di kalangan mahasiswa di era tahun 90an. Seiring berkembangnya zaman dan banyaknya warung kopi di Aceh, khususnya Banda Aceh, kopi sanger menajadi popular dikalangan masyarakat. Harganyapun bervariasi, dari Rp7000 hingga Rp12.000.

Menilik awal mulanya, pada 12 Oktober 2014 hari sanger pertama kali dicetuskan. Komunitas @iloveaceh tergerak melakukan gerakan sosial untuk mempopulerkan sekaligus mengenalkan sanger pada dunia (Everyday is #SangerDay).