Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 16 Oktober 2017 | 16:27 WIB
  • Alat Pemeras Jeruk Kini Bisa Jadi Mesin Espresso

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Putri Firdaus
Alat Pemeras Jeruk Kini Bisa Jadi Mesin Espresso
Photo :
  • VIVA.co.id/ Putri Firdaus
Alat pemeras jeruk yang jadi mesin espresso

VIVA.co.id – Alat pemeras jeruk rupanya bisa dimanfaatkan menjadi mesin espresso. Itulah yang dilakukan oleh Irawan Halim.

Ide ini berawal dari kegemasannya melihat alat pemeras jeruk manual. Menurutnya, alat tersebut dapat melakukan hal yang lebih 'besar' lagi ketimbang hanya memeras jeruk. Tentunya dengan sedikit perubahan.

"Alat perasan jeruk itu yang jual banyak tapi kurang laku dan cuma bikin jeruk aja, kan sayang. Harga jus jeruk paling hanya berapa, makanya saya coba ubah jadikan mesin kopi," kata Irawan kepada VIVA.co.id saat ditemui di gelaran Rembug Kopi Nusantara 2017.

Alhasil, jadilah mesin espresso tanpa listrik. Memang ini bukan mesin espesso manual pertama yang ada. Sebelumnya sudah ada Rok Presso yang cukup laris di kalangan pengusaha kedai kopi kecil.

Bedanya dengan Rok Presso, dengan alat yang diberi nama R.E.D Presso ini hanya perlu menggunakan satu tangan saat mem-press kopi. Kedua, alat ini terbuat dari baja sehingga satu alat ini bobotnya bisa mencapai 8 kilogram.

Dengan alat ini, kata Irawan, Anda tetap bisa mengatur suhu dan cita rasa apa yang ingin dikeluarkan dari biji kopi. Rasanya pun diklaim lebih enak dan 'berasa'.

"Rasa kopi bisa lebih kuat, kalau mau keluarin asam 80 derajat, manis 90 derajat kalau pahit sekitar 100 derajat. Kita bisa atur suhu dan tekanan sendiri. Banyak yang bilang rasanya lebih enak," kata Irawan.

Alat buatan Irawan ini sudah laku ratusan buah di pasaran Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua, sejak diproduksi awal 2016 lalu. Mantan teknisi di sebuah perusahaan kopi Tanah Air ini mengaku mesin espresso buatannya juga sudah sampai ke negara tetangga seperti Malaysia.

Satu R.E.D Presso dijual dengan harga Rp4,5 juta. Tak hanya mesin espresso, Irawan juga menjual Steamer manual mulai harga Rp1,5 juta.

Sekiranya alat produksi Irawan ini cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis kopi kecil-kecilan. Selain harganya yang murah, alat ini juga hemat listrik. Tak hanya itu, barang kali kedai kopi Anda akan terlihat lebih artsy dibuatnya. (ren)