Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 20 Oktober 2017 | 12:46 WIB
  • Gurihnya Sala Lauk, Bola Ikan Renyah Khas Pariaman

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Andri Mardiansyah (Padang)
Gurihnya Sala Lauk, Bola Ikan Renyah Khas Pariaman
Photo :
  • Viva.co.id/Andri Mardiansyah
Sala Lauk, gorengan khas Pariaman

VIVA – Gorengan adalah camilan yang sering disajikan sebagai lauk. Hampir di seluruh daerah di Indonesia punya jenis gorengan yang khas.

Salah satu jenis gorengan yang hampir tak pernah absen disajikan sebagai suguhan adalah sala lauk. Gorengan khas asal Pariaman, Sumatera Barat ini tak hanya disajikan sebagai lauk, namun sering juga disajikan sebagai teman santai sambil minum kopi atau teh.

Sala lauk dibuat dari adonan ikan asin giling yang dicampur tepung, daun bawang dan bumbu-bumbu khas. Berbentuk bulat kecil dan berwarna kuning kecokelatan, gorengan ini sekilas mirip bakso ikan goreng kopong atau kerupuk ikan. 

Pada umumnya, Masyarakat di Sumatera Barat, menjadikan Sala Lauk sebagai hidangan pelengkap ketika sarapan pagi. Di santap dengan ketupat gulai atau lontong, menjadi menu favorit masyarakat. 

Tak hanya itu saja, sala lauk juga nikmat di makan tanpa ada menu utama. Karena itu, sala lauk bisa Anda temukan di mana saja, baik di pasar, warung kopi hingga di pinggiran jalan, kudapan kecil ini bisa didapati dengan mudah.

Soal rasa, Sala Lauk dominan memiliki rasa asin yang pas dilidah dan sedikit pedas, tergantung selera si pembuat. Selain itu, Sala Lauk juga terasa gurih dengan balutan aroma rempah yang berasal dari beberapa jenis bumbu yang ditambahkan di dalamnya.

Mudah Dibuat

Nah, bagi Anda di luar Sumatera Barat yang ingin mencicipi Sala Lauk, ternyata membuatnya sangat mudah dan bahan-bahannya mudah didapat.

Bahan dasarnya tepung beras, air putih, ikan asin atau ikan teri yang sudah direndam dan ditiriskan hingga lembap, lalu jahe, lengkuas, kunyit, bawang merah dan putih, daun bawang, cabe merah keriting atau cabe rawit, kunyit serta garam.

Semua bumbu tersebut digiling dan dicampurkan ke dalam adonan tepung dan daun bawang yang sudah dicampur dengan air. Setelah semua adonan bercampur ambil sedikit dan buat menyerupai bola pingpong menggunakan tangan. 

Lalu, goreng hingga matang dan kuning kecokelatan. Untuk menghasilkan Sala Lauk yang renyah dan kopong, minyak goreng yang digunakan harus dalam keadaan panas. Selamat mencoba. (ren)