Resep Membuat Kaldu Umami Alami Pengganti MSG

Kaldu ayam
Sumber :
  • http://dapuronlinequ.blogspot.com/

VIVA – Meskipun diketahui punya dampak buruk bagi kesehatan, penggunaan Monosodium Glutamat (MSG) sebagai bumbu penyedap ternyata masih banyak diminati.

Ketahui 5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengonsumsi Mie Instan Saat Sahur

MSG memiliki efek rasa yang gurih saat ditambahkan ke dalam masakan. Namun, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi MSG secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai penyakit, di antaranya darah tinggi, dehidrasi hingga sakit kepala.

Padahal berbagi alternatif pengganti MSG sudah banyak beredar di pasaran. Salah satunya umami. 

Bikin Capcay Spesial Ramadhan Yuk, Cocok Buat Sahur dan Buka Puasa

Umami adalah jenis bumbu masak khas Italia yang telah ada ratusan tahun. Umami berasal dari protein hewani seperti ayam, daging sapi atau ikan yang diproses menjadi sebuah kaldu.

"Makanan enak tidak harus menggunakan MSG. Orang pakai MSG karena mereka tidak tahu bagaimana membuat kaldu. Dengan kaldu yang cukup bagus maka tidak perlu MSG," ungkap Chef Stefu Santoso dari Association of Culinary Professionals Indonesia (ACPI) di Jakarta Selatan, Jumat 20 Oktober 2017.

Ini Fakta Seputar MSG atau Penyedap Rasa alias Mecin

Agar mendapatkan kaldu yang enak tersebut, ibu-ibu di rumah dapat memerhatikan beberapa langkah berikut.

"Untuk buatnya perbandingan 1:1," ujar Stefu. Maksudnya, satu liter air berbanding 1 kilo gram daging. Kemudian direbus. 

"Ketika merebus gunakan air dingin. Kemudian direbus sampai mendidih, setelah itu langsung di-shimering sekitar kurang lebih 15 menit. Apinya dikecilkan," lanjut dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya