Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 24 Oktober 2017 | 10:31 WIB
  • Sarapan Jamur Kurangi Keinginan Ngemil di Siang Hari

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Adinda Permatasari
Sarapan Jamur Kurangi Keinginan Ngemil di Siang Hari
Photo :
  • Pixabay/Engin_Akyurt
Jamur.

VIVA – Jamur mungkin merupakan jenis sayuran yang ringan, tapi makanan ini bisa membuat Anda kenyang jauh lebih lama. Artinya, keinginan Anda untuk ngemil akan berkurang.

Dilansir dari laman Metro.co.uk, Selasa, 24 Oktober 2017, sebuah studi baru yang dipublikasikan di jurnal Appetite mengklaim bahwa sarapan dengan jamur akan membuat Anda lebih puas dibandingkan memakan daging.

"Beberapa studi sebelumnya pada jamur menunjukkan bahwa jamur bisa lebih mengenyangkan dibanding daging, tapi efek ini belum pernah diteliti dengan jumlah protein yang sepadan hingga sekarang," kata Profesor Joanne Slavin dari University of Minnesota, Amerika Serikat.

Slavin menambahkan, dengan penelitian yang sudah dipublikasikan sebelumnya, penelitian ini mengindikasikan bahwa ada manfaat nutrisi dan mengenyangkan, baik dengan mengganti daging dengan jamur pada beberapa makanan, atau mengganti jamur dengan daging.

Studi ini meneliti bagaimana seseorang merasa kenyang setelah makan sejumlah protein yang sama pada jamur kancing putih (226 gram) sama dengan ketika mereka makan sejumlah daging (28 gram).

Selama 10 hari, 17 wanita dan 15 pria makan dua porsi potongan jamur atau daging sapi giling. Ukurannya disamakan berdasarkan kandungan proteinnya.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa mereka yang memakan jamur saat sarapan secara signifikan rasa laparnya berkurang, merasa lebih kenyang dan lebih sedikit ngemil selama pagi hari, dibandingkan mereka yang makan daging.

Mungkin, jelas terlihat bahwa karena 229 gram jamur jauh lebih banyak dibanding 28 gram daging. Memakan jamur sebanyak itu akan membuat Anda lebih kenyang dibanding sepotong daging.

Namun, ketika berhubungan dengan menurunkan atau mempertahankan berat badan, jamur dan sayuran atau sumber protein lain bisa jadi kuncinya. 3,5 cangkir jamur memiliki sekitar 7 gram protein dengan kalori hanya 56. Daging dengan lemak medium memiliki kalori dua kali lipat dengan jumlah protein yang sama.

Anda bisa tetap merasa kenyang setelah memakan protein itu, dan daging padat protein bisa membuat Anda baru ingin ngemil hingga jam makan siang. (one)