Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 24 Oktober 2017 | 13:36 WIB
  • 10 Jenis Ikan yang Paling Disukai Orang Jepang

  • Oleh
    • Tasya Paramitha
10 Jenis Ikan yang Paling Disukai Orang Jepang
Photo :
  • Pixabay/DesignNPrint
Sushi.

VIVA – Terkenal dengan hidangan sushi dan sashimi, Jepang memang memiliki begitu banyak hidangan tradisional berbahan dasar ikan.

Lalu, apa jenis ikan yang paling difavoritkan warga Jepang? Berikut ini adalah daftar 10 ikan yang paling disukai orang Jepang, seperti dilansir dari Rocketnews24, Selasa, 24 Oktober 2017.

Peringkat 10: Shishamo smelt (shishamo)

Ikan ini berukuran kecil dan sering digunakan sebagai umpan saat memancing. Meski begitu, warga Jepang menyukainya. Shishamo biasa ditemui di izakaya (pub) dan umumnya dibakar dalam bentuk utuh. Shishamo juga biasa disajikan dengan lemon, garam dan langsung dimakan berikut dengan tulangnya.

Peringkat 9: Kakap Jepang bersirip kuning (buri)

Meski sering dijadikan sushi atau sashimi, namun ikan ini juga sering diolah menjadi hidangan musim dingin, seperti sup yang diberi kecap asin, mirin, gula, lobak dan sayur-sayuran lain.

Peringkat 8: Sea bream (tai)

Ikan air tawar ini sering dikaitkan dengan keberuntungan dan perayaan, serta sering disajikan saat pernikahan dan beberapa jenis perayaan lainnya. Selain dijadikan sashimi, sea bream juga umum dibakar.

Peringkat 7: Bonito (katsuo)

Di Jepang, ikan bonito biasanya dikeringkan dan diiris sangat tipis. Irisan dagingnya lantas ditaburi pada takoyaki, okonomiyaki dan juga sushi. Namun, daging ikan bonito juga bisa dijadikan hidangan katsuo tataki, yakni dibakar dengan cepat sehingga bagian dalamnya masih mentah.

Peringkat 6: Belut (unagi)

Teksturnya yang seperti daging membuat belut begitu disukai di berbagai negara Asia, termasuk Jepang. Apalagi jika dibakar dan disiram saus yang manis dan gurih.

Peringkat 5: Mackerel (saba)

Cara terbaik mengonsumsi mackerel di Jepang adalah dijadikan battera. Ini adalah hidangan khas Osaka, di mana mackerel diawetkan atau diacar dengan cuka dan rumput laut konbu.

Peringkat 4: Horse mackerel (aji)

Horse mackerel biasa dinikmati sebagai sushi atau oshizushi. Digoreng dengan metode deep-fried juga menjadikannya camilan lezat.

Peringkat 3: Pacific saury (sanma)

Saury adalah salah satu ikan yang paling mudah dimasak, karena biasa dibakar dalam bentuk utuh.

Peringkat 2: Pacific bluefin tuna (maguro)

Untuk menikmati kualitas daging tuna yang segar, cara terbaik mengonsumsinya adalah dengan menjadikannya sushi atau sashimi.

Peringkat 1: Chum salmon (sake)

Dikenal juga dengan sebutan dog salmon, daging ikan salmon ini adalah menu sarapan favorit di hotel-hotel Jepang. Sering juga ditemukan di kotak bento yang banyak dijual di Negeri Sakura.

Ikan salmon ini pun lezat dibuat menjadi ochazuke, yaitu disuwir dan dicampur dengan nasi, teh hijau panas dan nori atau rumput laut kering.