Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 27 Oktober 2017 | 04:36 WIB
  • Menikmati Menu Khas Jawa Sambil Belajar Sejarah

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti
Menikmati Menu Khas Jawa Sambil Belajar Sejarah
Photo :
  • VIVA.co.id/ Lutfi Dwi Pujiastuti
Rumah Makan Inggil, Malang

VIVA – Saat tiba di depan rumah makan ini, suasana atmosfer serba Jawa begitu kental. Dari tulisan papan nama rumah makan, tertulis, Inggil, dengan gaya tulisan khas Jawa.

Ya, ini merupakan Rumah Makan Inggil yang terletak di kawasan Gajahmada No.4 Kiduldalem, Malang Jawa, Timur. Tidak mewah, namun saat menginjakkan kaki di teras rumah makan, Anda akan disambut dengan ukiran hiasan khas Jawa dan ada mesin ketik tua.

Bukan hanya sekedar rumah makan, Inggil juga sekaligus sebagai museum mini Kota Malang tempo dulu. Meski tak besar, koleksi-koleksi benda-benda bersejarahnya cukup banyak lho. Mulai dari kotak kaset zaman jadul, masuk ke dalam lagi, ada koleksi foto-foto penampakan Kota Malang tempo dulu, cerita-cerita sejarah kabupaten Malang, foto peresmian Tugu Malang 20 Mei 1953 hingga benda-benda bersejarah tua dan unik seperti pengeriting rambut zaman dahulu, radio tempo dulu, mesin jahit tua hingga jam-jam tua.Rumah Makan Inggil, Malang , Jawa Timur

Rumah Makan Inggil, Malang , Jawa Timur

Rumah Makan Inggil, Malang , Jawa Timur

Saiful Djojosukarto, salah satu karyawan di rumah makan tersebut mengatakan, pemilik warung, Dwi Cahyono seorang sarjana ekonomi, memang suka mengoleksi benda-benda bersejarah. Ia, bahkan yang memiliki konsep untuk membuat rumah makan dengan konsep Jawa dan sekaligus mengajak pengunjung mengenal sejarah Indonesia, khususnya sejarah kota Malang.

"Beliau ingin ada pelebaran sejarah. Gabungan kuliner dengan budaya. Pak Dwi Cahyono yang punya ya," terangnya saat ditemui di acara Jelajah Gizi 2017 bersama Nutricia di Kota Malang.

Saiful juga menjelaskan, benda-benda sejarah dan barang-barang tua yang ada di rumah makan tersebut merupakan koleksi sang pemilik, yang kebanyakan dia beli langsung atau hibah dari beberapa orang.

Setelah puas melihat koleksi-koleksi tua dan sedikit membaca penggalan cerita soal sejarah Malang, barulah Anda masuk ke ruang makan dengan meja yang panjang dengan kursi-kursi kayu panjang yang ditata saling berhadapan.

Mirip sekali dengan tempat makan orang Jawa. Atapnya masih terbuat dari bambu, langit-langitnya terlihat juga dari anyaman bambu. Berada di rumah makan ini, benar-benar terasa seperti di rumah orang Jawa tempo dulu.

Meski begitu, makanan di tempat ini, tidak semuanya memiliki rasa khas Jawa. Namun, ada satu menu yang istimewa, sambal terongnya. Meski menunya sederhana, namun sambal terong favorit warung ini memiliki cita rasa istimewa, diramu dengan cabai, bawang putih, bawang merah, layaknya sambal biasa. Tetapi, agar lebih istimewa, sambal terong ini ditambah dengan kencur dan santan. Benar-benar nikmat dan menambah selera makan Anda.

Rumah Makan Inggil, Malang , Jawa Timur

Rumah Makan Inggil, Malang , Jawa Timur

Rumah Makan Inggil, Malang , Jawa Timur

Jika Anda menikmati santap makan malam di tempat ini, ada juga hiburannya lho. Tamu di warung ini, tiap malam dihibur dengan musik keroncong dan ada juga nyanyian-nyanyian khas sinden Jawa.

Penasaran ingin mencoba mencicipi rasa dan suasana khas Jawa yang kental? Warung ini buka mulai 10.00-22.00.

Rumah Makan Inggil, Malang

Rumah Makan Inggil, Malang , Jawa Timur
Info Restoran:
Rumah Makan Inggil
Jl. Gajahmada No.4, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119, Indonesia
Buka   : 10AM–10PM
Telepon: +62 341 332110