Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 30 Oktober 2017 | 12:39 WIB
  • Baking Soda Ampuh Hilangkan Pestisida pada Sayur dan Buah

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Adinda Permatasari
Baking Soda Ampuh Hilangkan Pestisida pada Sayur dan Buah
Photo :
  • Pixabay/Didgeman
Paprika/ilustrasi mencuci sayuran.

VIVA – Baking soda ternyata dapat menghilangkan 96 persen pestisida yang menempel pada buah dan sayuran. Itu diungkapkan oleh sebuah studi yang belum lama ini dilakukan.

Ketika baking soda dicampur dengan air dan diusapkan lembut pada kulit apel, studi tersebut menemukan, semua residu yang tertinggal dari dua jenis pestisida yang sering digunakan pada buah dan sayur hilang dalam 15 menit.

Dilansir dari laman Daily Mail, Senin, 30 Oktober 2017, metode ini jauh lebih efektif dibandingkan dengan prosedur standar seperti menjemur buah di bawah sinar matahari selama dua menit.

Studi sebelumnya mengungkapkan bahwa baking soda dapat memecah dua pestisida karena tingginya pH alkalin di dalamnya. Akibatnya, zat kimia terpecah menjadi molekul yang tidak berbahaya.

"Residu pestisida bisa tetap menempel pada produk agrikultural, di mana bisa menambah asupan pestisida pada tubuh setiap hari. Kekhawatiran akan bahaya pestisida pada makanan dan kesehatan manusia, sangat dianjurkan untuk mengurangi residu ini," ujar peneliti utama, Dr Lili He dari University of Massachussetts.

Dalam studi ini, para peneliti mengaplikasikan jenis pestisida yang sering digunakan, thiabendazole, yang bisa menembus kulit apel, dan phosmet pada apel merah organik.

Kedua pestisida ini dibiarkan begitu saja pada buah selama sehari. Para peneliti kemudian mencuci apel, baik dengan air keran, cairan khusus atau satu persen baking soda yang dicampur dengan air.

Teknologi mapping elektronik digunakan untuk mengukur adanya pestisida pada permukaan dan di dalam apel. Hasilnya menunjukkan bahwa baking soda yang dicampur dengan air lebih efektif menghilangkan pestisida dari apel.

Setelah 12 menit menggosok dengan lembut permukaan buah apel, cairan baking soda menghilangkan 80 persen thiabendazole. Sementara butuh 15 menit untuk menghilangkan 96 persen phosmet.

Thiabendazole diketahui lebih sulit dihilangkan karena lebih cepat menembus permukaan buah. (mus)