Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 1 November 2017 | 18:11 WIB
  • Berburu Bakmi Terlezat di Jakarta, Banyak Juga yang Unik Lho

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Ayu Utami Paramitha
Berburu Bakmi Terlezat di Jakarta, Banyak Juga yang Unik Lho
Photo :
  • VIVA.co.id/Ayu Utami Paramitha
Salah satu bakmi di Festival 50 Bakmie Terlezat di Mall Of Indonesia .

VIVA – Bakmi menjadi salah satu kuliner Indonesia yang memiliki pengaruh kebudayaan China. Kini makanan dengan cita rasa gurih dan kenyal ini mudah ditemui di mana saja, dan cocok sekali di lidah orang Indonesia.

Bentuk bakmi kini juga beragam, mulai yang tradisional sampai ke bakmi kekinian yang banyak disukai para remaja. Menurut Tirta Lie, seorang food blogger, tren saat ini adalah bakmi yang memiliki banyak variasi topping.

"The real bakmi itu sebenarnya bakmi abang-abang yang gerobakan, namun sekarang yang lagi tren bakmi dengan banyak topping," ucapnya di Festival 50 Bakmie terlezat di Mall Of Indonesia, Jakarta, Rabu, 1 November 2017 .

Ia juga mengatakan bahwa indikator penentu lezat atau tidaknya bakmi bisa dilihat dari tekstur dan rasa topping-nya.

"Kesalahan orang makan bakmi itu, dia minum kuah bakminya dulu. Padahal yang pertama kali dimakan itu adalah mi-nya. Kalau teksurnya kenyal dan pas di lidah, biasanya 75-80 persen rasa bakminya sudah pasti enak. Topping dan kaldu sendiri sesuai selera dari yang makan," ujarnya.

Acara festiva bakmie terbesar di Jakarta ini mjuga enyajikan banyak sekali varian bakmi, mulai dari yang punya cita rasa tradisional yang penuh dengan rempah-rempah, hingga bakmi kekinian dengan varian topping dan bercita rasa pedas dengan berbagai macam level kepedasan.

Salah satu bakmi di Festival 50 Bakmie Terlezat di Mall Of Indonesia .

Salah satu yang patut Anda coba adalah Bakmie Luck 28, bakmi ayam dengan topping daging ayam. Selain mi-nya diolah sendiri, daging ayamnya memiliki warna yang tidak biasa, yaitu berwarna merah. Ternyata warna merah ini didapat dari perpaduan madu, dan bumbu angkak yang memberikan cita rasa gurih dan manis. Harganya dipatok mulai dari Rp25 ribu.

Lalu ada Bakmie Randa, bakmi kekinian yang diberi daging, jamur, bakso daging, bakso ikan, hingga kulit ikan. Harganya juga Rp25 ribu per porsi.

Salah satu bakmi di Festival 50 Bakmie Terlezat di Mall Of Indonesia .

Untuk bakmi dengan cita rasa tradisional yaitu bakmi Kangkung Berkat. Berbeda dengan mi lainnya, bakmi ini memiliki tekstur yang lebih tebal dan lurus. Selain terdapat daging, namun juga terdapat jamur shitake, dan dilengkapi dengan kangkung di atasnya.

Cita rasa manis, gurih, asin dan pedas menjadi satu di dalam bakmie ini. Harga yang dipatok mulai dari Rp35 ribu.