Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 2 November 2017 | 11:07 WIB
  • Tekad Sisca Soewitomo Menduniakan Kuliner Indonesia

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Adinda Permatasari
Tekad Sisca Soewitomo Menduniakan Kuliner Indonesia
Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
Sisca Soewitomo.

VIVA – Nama Sisca Soewitomo sudah sangat akrab di dunia kuliner di Indonesia. Bagaimana tidak, beberapa tahun silam wajahnya menjadi salah satu ikon acara memasak populer yang menjadi favorit banyak ibu.

Sosoknya sebagai pakar boga juga melekat dengan berbagai kreasi masakan Indonesia yang menggugah rasa. Kecintaan Sisca pada dunia kuliner bahkan memancing tekadnya untuk memperluas masakan Indonesi hingga ke penjuru dunia.

Ditemui di sebuah acara di Senayan City, Jakarta, Sisca mengaku ingin menduniakan sajian masakan Indonesia dan membuatnya menjadi hidangan rumah yang mudah dibuat.

"Saya ingin restoran di luar negeri yang menyajikan masakan Indonesia ada di mana-mana," ujarnya saat ditemui VIVA.co.id belum lama ini.

Menurut Sisca, kini sudah semakin banyak anak-anak Indonesia yang merantau ke negeri orang untuk menempuh pendidikan. Suatu saat mereka rindu masakan Tanah Air, mereka bisa dengan mudah mendapatkannya jika ada restoran makanan Indonesia di luar negeri.

"Kalau ada di sana bisa jadi istimewa," ucapnya.

Selama ini Sisca sudah aktif menulis buku untuk mengenalkan masakan Indonesia. Ia juga ingin mengenalkan berbagai bumbu khas Indonesia seperti bumbu putih, merah dan kuning.

Sisca ingin agar orang-orang tidak menganggap masakan Indonesia sulit untuk dibuat. Caranya menyerdehanakan masakan adalah dengan menganalisa warnanya. Misalnya, warna merah sudah otomatis berasal dari sambal yang ditambah air, jika ingin membuat sayur lodeh artinya tinggal menambah santan.

"Kemudian dikembalikan lagi ke selera. Kalau suka manis tambahkan gula. Kalau suka asin tambahkan garam," imbuh Sisca.

Bagi generasi muda, hasil akhir masakan bisa dilengkapi dengan mempercantik tampilannya. Misalnya, dari cara penataan makanan di atas piring dan pemilihan piring yang kelihatan cantik.