Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 2 November 2017 | 11:58 WIB
  • Sensasi Ayam Pramugari yang Memikat

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Dani Randi (Banda Aceh)
Sensasi Ayam Pramugari yang Memikat
Photo :
  • VIVA.co.id/Dani Randi (Aceh)
Ayam Pramugari.

VIVA – Ayam goreng. Kuliner satu ini rasanya tidak pernah ada habisnya untuk dibahas. Ayam goreng selalu menjadi favorit hampir semua orang Indonesia, dari anak-anak sampai orang dewasa.

Di Banda Aceh, NAD, terdapat salah satu rumah makan yang menjual ayam goreng yang diolah sedemikian rupa, berbeda dari ayam goreng lainnya.

Di rumah makan Aditia Jaya, terdapat makanan unik, yaitu Ayam Pramugari yang digoreng dan dicampur dengan bumbu ala warung tersebut. Selintas, Ayam Pramugari tidak jauh beda dengan kuliner khas Aceh yaitu Ayam Tangkap.

Pemilik warung makan, Sofyan mengatakan, nama ayam pramugari disematkan oleh pengunjung yang setiap kali makan di tempatnya. Apalagi pramugari juga sering makan di rumah makan miliknya karena berdekatan dengan Bandara Sultan Iskandar Muda.

“Nama Ayam Pramugari itu pelanggan yang kasih, karena paha ayam ini panjang dan lurus. Mirip-mirip paha pramugari karena paha pramugari itu panjang-panjang. Enggak ada pramugari pendek," kata Sofyan saat kepada VIVA.co.id di warung miliknya, Rabu, 1 November 2017.

Ayam Pramugari.

                                        (VIVA.co.id/Dani Randi)

Rasanya memang beda dengan ayam goreng lainnya. Tekstur dagingnya juga empuk dan rasanya gurih. Ayam yang digunakan ialah ayam kampung, disuguhkan kepada pelanggan dalam kondisi panas dan ditaburi daun jeruk, temurui dan daun pandan yang sudah kering, membuat aroma Ayam Pramugari sangat terasa.

Sofyan mengatakan, pengunjung yang makan di tempatnya berasal dari semua kalangan. Bahkan pelanggannya yang merupakan kalangan pejabat juga sering mampir. Juga para pelancong dari berbagai daerah turut singgah ke rumah makan miliknya untuk merasakan sensasi Ayam Pramugari.

“Banyak juga pejabat makan di sini. Bahkan presiden juga pernah makan di sini,” ujarnya.

Setiap harinya, Sofyan bisa menjual hingga 300 ekor ayam. Rumah makan ini juga tak pernah sepi pengunjung. Untuk satu potong ayam pramugari dihargai Rp15 ribu.

Selain Ayam Pramugari, Rumah Makan Aditya Jaya juga menyajikan kari kambing yang memiliki aroma dan bumbu khas Aceh. Rasanya juga tidak kalah dengan Ayam Pramugari. Harganya juga sangat terjangkau yaitu Rp25 ribu per porsi.

Untuk menikmati menu makanan tadi, rumah makan tersebut berlokasi di Jalan Blang Bintang Lama, Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Aceh, dan buka setiap hari pukul 10.00-17.00 WIB. (mus)