Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 8 November 2017 | 16:09 WIB
  • Tergoda Kuah Kental Mie Celor Palembang, Nikmatnya Sadis!

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Aji YK Putra (Palembang)
Tergoda Kuah Kental Mie Celor Palembang, Nikmatnya Sadis!
Photo :
  • VIVA.co.id/Aji YK Putra (Palembang)
Mi celor Palembang.

VIVA – Mie Celor adalah salah satu kuliner buruan para wisatawan yang berkunjung ke Palembang, Sumatera Selatan. Kenikmatan sajian mie yang sekilas hampir mirip dengan spaghetti Italia ini terletak pada kuahnya.

Tekstur kuahnya kental karena diolah dari santan kelapa, dicampur udang dan potongan telur ayam rebus. Dinikmati bersama mie dan taburan bawang goreng, rasa gurihnya benar-benar nendang!

Warung Mie Celor 26 Ilir, adalah salah satu tempat favorit bagi wisatawan di Palembang. Wajar saja, sejak usaha tersebut berdiri pada 1970, HM Syafei Z sebagai perintis tak mengubah resep keluarga.

Hawa (38), pemilik usaha Mie Celor 26 Ilir mengatakan, dalam satu hari 10 kilogram mie bisa habis terjual.

“Mie ini memang kadang jadi pengganti nasi, karena kuah kental dan mie-nya membuat kenyang. Usaha ini sudah turun temurun dan sekarang saya meneruskan," kata Hawa di Palembang, Rabu, 8 November 2017.

Satu porsi mie celor sendiri dibanderol dengan harga Rp15 ribu. Mie yang dibuat dari tepung terigu dengan tekstur yang padat membuat satu porsi mie langsung dapat menghilangkan rasa lapar.

“Jarang yang habis dua porsi, karena satu porsi saja sudah kenyang. Kita buka dari pagi sampai sore," ujarnya.

Amirudin, salah satu pengunjung mengaku, dia selalu datang ke warung itu ketika bosan mengonsumsi nasi saat siang hari. Satu porsi mie yang langsung membuat kenyang, menjadi pilihan utama saat istirahat bekerja.

“Ya kadang bosan makan nasi, ke sini. Biasanya cuma satu porsi sudah kenyang. Dari dulu memang suka makan di sini, karena rasanya memang enak," ucap Amir.

Mie Celor 26 Ilir memang terkenal menjadi tempat favorit para pejabat ketika berkunjung ke Palembang. Bahkan, keluarga Presiden RI ke-6, Megawati sering memesan mie celor di sana untuk dibawa ke Jakarta.