Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 9 November 2017 | 13:28 WIB
  • Trik Mencapai Kematangan Steak Medium Rare

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Diza Liane Sahputri
Trik Mencapai Kematangan Steak Medium Rare
Photo :
  • Viva.co.id/Diza Liane
Steik beef medium rare

VIVA – Mendapatkan kematangan steik yang sempurna, tidak semudah yang terlihat. Ternyata, ada trik khusus untuk mencapai kematangan medium rare dengan rasa dan tekstur yang menggoda.

Menurut celebrity chef asal Malaysia, Chef Sarah Benjamin, kematangan daging steik hingga medium rare harus dicapai dengan kompor yang besar.

Menurut host Cooking for Love di Asian Food Channel ini, wajan yang panas memberi kematangan daging yang sempurna.

"Daging adalah salah satu protein yang harus dimasak dengan suhu kompor yang besar yaitu sekitar 54-55 derajat celcius. Biarkan wajan hingga panas, tuangkan sedikit minyak, lalu taruh daging di atas wajan. Ini juga membuat kandungan proteinnya tidak hilang," ujar Sarah kepada VIVA, di kawasan Prapanca, Jakarta.

Sarah menuturkan, memasak daging steik hingga kematangan medium rare, didapatkan dengan waktu singkat yaitu 4-5 menit. Di mana, masing-masing sisi hanya butuh dimasak dalam waktu dua menit saja.

"Tiap sisi daging cukup dimasak dalam waktu dua menit, setelahnya balik sisi yang lain hingga dua menit. Biarkan warna kecokelatan emas khas daging yang merata," paparnya.

Menurut Sarah, untuk membuat daging memiliki warna yang merata, bisa ditaburkan dengan minyak panas yang ada di atas wajan. Selain itu, proses ini membuat daging bisa matang di bagian luar dengan tekstur yang renyah.

"Bagian luarnya dibiarkan merata berwarna cokelat dengan dibubuhi minyak panas. Setelah empat menit, matikan kompor, angkat lalu potong kecil-kecil. Anda akan mendapatkan warna daging cokelat emas di luar dan merah muda di area dalam dengan tekstur yang lembut dan berair," ujarnya.