Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 13 November 2017 | 13:06 WIB
  • Latte Art 3D, Seni Melukis pada Busa Kopi Kini Makin Unik

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Bimo Aria
Latte Art 3D, Seni Melukis pada Busa Kopi Kini Makin Unik
Photo :
  • REUTERS/Fabian Hamacher
Coffee/latte art.

VIVA – Berbekal foto, Anda bisa menikmati kopi dengan wajah anjing atau kucing kesayangan muncul di bagian atas cangkir kopi. Tak hanya hewan peliharaan, Anda juga bisa menggunakan foto kekasih atau teman untuk dilukis menggunakan teknik latte art 3 dimensi alias di busa kopi.

Adalah Chang Kuei-fang, barista asal Taiwan yang piawai melakukan latte art. Ia hanya membutuhkan waktu selama 10 menit untuk melukis gambar menirukan foto yang Anda berikan menjadi karta latte art 3 dimensi.

Chang menggunakan sikat dan pewarna yang terbuat dari espresso, selai cokelat atau buah untuk menggambarkan sosok yang dia ciptakan dari susu steam yang disendokkan di atas espresso.

Membuat gambar 3 dimensi dari busa susu merupakan tantangan terbesar bagi Chang, yang bekerja di My Cofi, kafe di kota pelabuhan Kaohsiung di Taiwan.

"Yang sulit adalah mengendalikan buih susu. Jadi saya menemukan cara untuk mengungkapkan pesona mereka. Saya menumpuk buih susu untuk menciptakan lapisan," kata dia, dikutip dari laman Reuters, Senin, 13 November 2017.

Harga tiap kopi beragam, semua bergantung pada tingkat kesulitan dan bahannya. Satu cangkir kopi ini bisa menghabiskan biaya hingga Rp322 ribu.

Chang pertama kali menjajal latte art setelah memulai menjual kopi di tahun 2003. Dia membuka kafe tersebut pada tahun 2011.

Saking unik karyanya, para pelanggan kafe tak keberatan kopi mahal mereka menjadi dingin karena terlalu lama diabadikan menggunakan kamera atau ponsel.

"Kami sudah memotret selama satu jam sekarang, tapi masih enggan untuk mulai minum," kata Amy Li, seorang pelanggan kafe.

Selain foto wajah hewan peliharaan dan orang, ia juga melakukan latte art 3 dimensi dengan melihat langsung wajah pelanggan dan dari gambar karakter kartun.

"Ini sangat lucu dan juga membuat kita terlihat lebih muda. Membuat kita terlihat lebih cantik ", kata Hsu Lin-yun, salah satu pelanggannya.