Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 14 November 2017 | 16:23 WIB
  • Nasi Ikan Teri, Jajanan Favorit Anak-anak SD Yogyakarta

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Diza Liane Sahputri
Nasi Ikan Teri, Jajanan Favorit Anak-anak SD Yogyakarta
Photo :
  • VIVA.co.id/Diza Liane Sahputri
Nasi ikan teri

VIVA – Tidak perlu menu jajanan mewah di sekolah, ternyata menu sederhana dengan rasa rumahan, membuat banyak anak-anak menyukai jajanan nasi ikan teri di kantin SDN Gondolayu, Yogyakarta.

Jajanan sehat tersebut merupakan salah satu program dari Warung Anak Sehat (WAS). Dituturkan sang penjual nasi ikan teri favorit siswa SDN Gondolayu, Ismiyati, bahan dan proses pengolahan penganan tersebut sangat sederhana.

"Kalau nasinya dari nasi biasa. Nah, di lauk ikan terinya ditambahkan sambal yang tidak begitu pedas namun gurih. Rasa yang disukai anak-anak," ujar Ismiyati kepada VIVA, saat kunjungan media di SDN Gondolayu, Yogyakarta, Selasa, 14 November 2017.

Bahan yang dipersiapkan sangat sederhana seperti bawang putih dan merah, cabai, tomat, serta garam dan gula. Semua bahannya diberi takaran yang disesuaikan selera anak-anak.

"Cabainya bukan cabai rawit agar tidak pedas. Setelah sambal halus, ikan teri gundul (jenis teri) dibersihkan, kupas, potong kecil, lalu cuci bersih dan siap digoreng. Setelah kering, baru diaduk dengan sambelnya," tutur Ismi.

Dia menjelaskan, bahan yang disiapkan untuk sambal, sama seperti sambal yang dikonsumsi pada umumnya. Sehingga, rasa ala rumahan ini melekat di lidah siswa SDN Gondolayu, Yogyakarta. Dalam sehari, 35 bungkus nasi ikan teri akan ludes terjual di kantin sekolahan yang diserbu oleh siswa saat istirahat.

"Dulu sering jajan di luar sekolah, malah jadi muntah-muntah. Makanya sekarang selalu beli nasi ikan teri di warung anak sehat. Rasanya enak, sehat, dan pasti bersih karena tidak ada lalat yang hinggap di makanannya," kata salah satu siswi kelas 5 SDN Gondolayu, Yogyakarta, Syifa Mutiah.