Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 17 November 2017 | 07:00 WIB
  • Bye Tahu, Kini Giliran Ubi Bulat yang Digoreng Dadakan

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Putri Firdaus
Bye Tahu, Kini Giliran Ubi Bulat yang Digoreng Dadakan
Photo :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus
Ubi bulat.

VIVA – Beberapa tahun belakangan, barangkali tahu bulat bisa Anda temui di setiap sudut jalan. Camilan satu ini murah meriah dan seru bila dinikmati bersama dengan orang terdekat. Apalagi jika masih dalam keadaan panas-panas.

Nah, menjelang tahun 2018, makanan yang berbentuk bulat ternyata bukan hanya tahu. Kini sudah ada ubi bulat dan digoreng dadakan pula. Namun, rasanya tidak asin dan tidak terasa gurih karena diberi MSG, melainkan rasanya manis.

Adalah Bobobi alias Bola bola Ubi, generasi makanan bulat setelah tahu. Seperti namanya, bola-bola ubi ini berbentuk bulat, dan digoreng saat dipesan. Bedanya dengan tahu bulat, bagian dalam ubi ini tidak kopong karena teksturnya padat.

Bahan baku utama Bobobi adalah ubi jalar yang kemudian dicampur tepung terigu. Bobobi dijual dalam tiga pilihan, yaitu original, ubi ungu dan pandan.

Seperti tahu bulat, Bobobi juga dinikmati dengan bumbu-bumbu, bukan asin, tetapi manis, seperti bubuk Milo dan gula putih

Rasa bola-bola ubi tidak terlalu manis. Jika Anda penyuka rasa manis, bisa beri tambahan pemanis.

Makanan ini belum lama dijual di Jakarta. Salah seorang penjual Bobobi di gelaran Jakarta Culinary Feastival (JCF) 2017, Tari mengatakan bahwa dagangannya itu baru saja mulai dijual sejak enam bulan lalu, sekitar Mei di kawasan Binus Anggrek, Jakarta Barat.

"Ini baru dijual sejak enam bulan lalu, jualannya di dekat Binus Anggrek," kata Tari kepada VIVA, Kamis, 16 November 2017.

Satu porsi Bobobi dijual dengan harga Rp25 ribu. Dengan harga tersebut, Anda bisa menikmati sepuluh butir bola-bola ubi manis. Tergiur untuk mencicipi?