Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 20 November 2017 | 10:47 WIB
  • Suka Masak? Ketahui 4 Jenis Pisau yang Wajib Ada di Dapur

  • Oleh
    • Tasya Paramitha
Suka Masak? Ketahui 4 Jenis Pisau yang Wajib Ada di Dapur
Photo :
  • Pixabay/PD_MAPHO
Ilustrasi pisau dapur.

VIVA – Pisau adalah bagian penting di dapur. Tanpa mereka, Anda akan menghabiskan waktu lama untuk menyiapkan sayuran, buah-buahan, daging, rempah dan berbagai bahan masakan lain. Namun, sebenarnya berapa pisau sih yang benar-benar dibutuhkan?

Berikut ini adalah empat jenis pisau yang wajib ada di dapur Anda, seperti dilansir dari laman Food Beast, Senin, 20 November 2017.

Pisau juru masak

Pisau ini adalah pisau juru masak gaya Eropa yang klasik. Namun, pembuat pisau zaman sekarang membuat pisau yang menggabungkan gaya Prancis, Jerman dan Jepang. Pisau ini bisa menjadi super tajam dan serba guna. Pisau juru masak juga biasanya memiliki bilah yang panjang mulai dari 15-30 sentimeter.

Pisau paring

Pisau ini berukuran kecil, namun serbaguna sehingga memungkinkan Anda memotong apa pun dengan presisi. Mereka terlihat seperti pisau juru masak mini dengan bagian ujung yang kecil dan runcing. Pisau ini juga sedikit melengkung. Panjangnya biasanya sekitar 4 atau 10 sentimeter.

Pisau paring sangat cocok untuk mengupas apel atau kentang, memotong-motong sayuran kecil menjadi potongan seukuran korek api, membersihkan udang dan memotong buah-buahan citrus.

Pisau roti

Bentuknya panjang dan rata, dengan sedikit atau tanpa ujung yang lancip dan lengkungan. Pisau terdiri dari gerigi tajam yang bisa memotong makanan keras dengan bagian dalam yang lembut. Panjangnya bisa 12-30 sentimeter.

Gunakan pisau ini untuk mengiris baguette atau roti Prancis dan roti kering lainnya. Pisau ini juga bisa untuk memotong buah dan sayur dengan daging lunak, seperti tomat, atau buah dan sayur dengan bagian luar yang keras, seperti nanas.

Pisau fillet

Pisau jenis ini jauh lebih tipis dibandingkan pisau lainnya. Bentuk bilahnya sangat tajam dan paling ideal untuk memotong daging mentah. Pisau ini juga tidak dirancang untuk memotong tulang, melainkan daging di sekitar tulang. Panjangnya sekitar 15 sentimeter dan bilahnya meruncing dan terkadang melengkung secara dramatis.

Anda bisa menggunakan pisau ini untuk memisahkan daging ayam, sapi atau ikan dari tulangnya. (hd)