Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 22 November 2017 | 11:24 WIB
  • Tips Menyelamatkan Masakan, dari Keasinan hingga Gosong

  • Oleh
    • Tasya Paramitha
Tips Menyelamatkan Masakan, dari Keasinan hingga Gosong
Photo :
  • Pixabay/greekfood-tamystika
Ilustrasi memasak.

VIVA – Memasak hidangan yang sempurna dari segi rasa dan tampilan memang sulit. Bahkan, seringkali meski Anda sudah melakukan segala hal yang tertulis di resep, masih saja ada yang salah. Di situlah orang biasanya mulai memakai feeling alias tidak memakai takaran saat memberikan bumbu di akhir proses memasak.

Tak heran jika kemudian masakan malah menjadi semakin tidak karuan, nisa keasinan, terlalu pedas, keenceran, kemanisan atau bahkan hangus. Tapi jangan khawatir karena itu bukan akhir dari segalanya.

Jangan bersedih, begini cara mudah menyelamatkan masakan Anda, seperti dilansir dari laman Food Beast, Rabu, 22 November 2017.

Keasinan

Jika Anda memberi terlalu banyak garam ke dalam masakan, Anda bisa memperbaikinya dengan menambah komponen rasa lain untuk menyeimbangkan cita rasa. Anda juga bisa menambahkan bahan makanan berpati untuk membuatnya tidak begitu asin.

Terlalu pedas

Jika masakan kelewat pedas, tambahkan gula, produk olahan susu atau bahan lain untuk membantu mendistribusikan dan menyamarkan rasa pedas di dalam makanan.

Saus terlalu encer

Ada beberapa cara untuk mengentalkan saus, baik itu menggunakan pati, seperti tepung jagung atau memanfaatkan lemak, dengan menambahkan mentega atau keju.

Meski begitu, cara yang paling sederhana adalah merebusnya terus hingga saus tersebut berkurang karena air di dalamnya menguap. Dengan begitu konsistensinya pun akan berubah menjadi kental.

Nasi hangus

Nasi yang hangus, meski sedikit saja akan merusak seluruh rasa nasi yang Anda masak. Terutama karena aroma gosong yang tidak enak. Untuk itu, letakkan sepotong roti di atas nasi Anda selama beberapa menit dan roti itu akan menyerap semua rasa dan aroma gosong.

Kemanisan

Jika Anda membuat kue atau makanan penutup, namun tak sengaja menambahkan terlalu banyak gula, tak usah khawatir. Anda bisa memberi rempah atau bahan yang punya rasa asam agar hidangan tidak terlalu manis.

Daging unggas kering

Memasak daging unggas, seperti ayam atau kalkun jika tidak hati-hati bisa membuat dagingnya kering. Namun, jika itu terjadi, Anda bisa memberikan kaldu ayam atau saus untuk mengembalikan tekstur lembapnya.