Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 22 November 2017 | 14:37 WIB
  • Bukan Pecinta K-Pop, Kalau Tak Tahu 5 Olahan Kimchi Ini

  • Oleh
    • Tasya Paramitha
Bukan Pecinta K-Pop, Kalau Tak Tahu 5 Olahan Kimchi Ini
Photo :
  • Maangchi.com
Kimchi jeon/kimchi pancake.

VIVA – Para K-Pop lovers pasti sudah kenal betul dengan yang namanya kimchi. Acar sawi putih khas Korea Selatan ini menuai popularitas tinggi dalam beberapa tahun belakangan, seiring dengan kian terkenalnya budaya Negeri Ginseng.

Di negara asalnya, kimchi memang bukan sekadar acar, melainkan menu makanan yang wajib tersedia di meja makan setiap hari, dan dikonsumsi tiga hari sekali.

Saking gemarnya dengan kimchi, bahkan ada Kimchi Day alias Hari Kimchi lho, di Korea sana. Nah, di momen ini, VIVA akan berbagi beberapa jenis hidangan Korea yang terbuat dari kimchi. Mulai dari nasi goreng hingga sup. Berikut ini di antaranya, dihimpun dari berbagai sumber.

Kimchi Jeon

Yang satu ini sebenarnya mirip bakwan di Indonesia, tapi bentuknya bulat dan tipis seperti panekuk. Kimchi jeon terbuat dari adonan tepung terigu, air dan bumbu yang diberi kimchi, lalu dimasak sebentar di penggorengan. Jeon tak hanya bisa dibuat dengan kimchi, namun juga berbagai bahan lain seperti daun bawang, wortel, tauge, udang dan masih banyak lagi.

Kimchi Bokkeumbap

Seperti di sejumlah negara Asia lainnya, di Korea, nasi goreng adalah salah satu hidangan populer. Nah, nasi goreng kimchi biasanya tak hanya ditambah kimchinya saja, namun juga airnya, sehingga warna nasi goreng menjadi merah menyala.

Kimchi Jjigae

Sup kimchi menjadi salah satu hidangan musim dingin yang paling dicintai masyarakat Korea. Umumnya, bukan cuma kimchi yang digunakan, namun juga tahu, tauge dan beberapa bumbu lainnya. Tentu saja orang sana biasa menikmatinya bersama semangkuk nasi.

Kimbap

Kimbap atau sushinya orang Korea juga sering diberi kimchi. Namun, tentu saja kimbap bisa diisi bahan apapun, mulai dari telur, daging dan masih banyak lagi.

Kimchi jjim

Yang satu ini adalah kimchi yang dimasak dalam waktu lama hingga air atau kuahnya telah berkurang. Umumnya, kimchi yang digunakan untuk membuat hidangan ini adalah kimchi yang usianya sudah tua, setidaknya lebih dari enam bulan. Rasa kimchi jjim sangat kuat sehingga harus disantap bersama hidangan lain.