Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 24 November 2017 | 19:28 WIB
  • Rahasia di Balik Kelezatan Daging Wagyu Jepang

  • Oleh
    • Maya Sofia,
    • Ayu Utami Paramitha
Rahasia di Balik Kelezatan Daging Wagyu Jepang
Photo :
  • VIVA/Ayu Utami
Daging wagyu Jepang.

VIVA – Mungkin Anda sudah tidak asing dengan nama dari daging sapi satu ini yaitu 'wagyu'. Daging sapi asal Negeri Sakura Jepang ini memiliki cita rasa yang sangat lezat. 

Menurut Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia, Masafumi Ishii, yang membedakan daging wagyu Jepang, dengan daging wagyu lainnya adalah dari rasa, aroma, dan cara perawatan sapi.

"Sapi di Jepang diberikan perlakuan khusus seperti dipijat dan disikat bulunya setiap hari agar sang sapi merasa senang, dan menghasilkan daging yang luar biasa lezat," ucapnya saat ditemui VIVA dalam acara memperkenalkan Japanese Wagyu kepada Indonesia, di Jakarta, Jumat, 24 November 2017.

Ia juga menjelaskan bahwa daging wagyu asal Jepang memiliki rasa yang berbeda yaitu lebih gurih, manis, dan akan cepat lumer ketika daging wagyu tersebut masuk ke dalam mulut. 

"Semua daging wagyu yang ada dari mana saja memiliki cita rasanya masing-masing. Namun, daging wagyu asal Jepang memiliki cita rasa yang gurih, manis, dan terasa lumer di mulut ketika menyantapnya," ucapnya.

Chef Kedutaan Besar Jepang, Hori Ikuo juga mengatakan bahwa daging wagyu memiliki lemak yang tidak jenuh, di mana sehat untuk dikonsumsi, dan memiliki rasa gurih. Orang-orang Jepang biasanya memilih, dan menilai kualitas daging wagyu yang baik adalah dari pola lemak daging wagyu itu.

"Daging wagyu yang baik adalah wagyu yang memiliki pola lemak seperti keramik pada dagingnya. Dan biasanya orang Jepang memakan wagyu secara tipis-tipis, karena kandungan lemak yang ada pada wagyu tersebut sudah dapat memberikan energi yang cukup untuk beraktivitas," ucapnya. (art)