Banyak Diekspor, Indonesia Minim Kopi Toraja Berkualitas

Ilustrasi kopi/kopi hitam.
Sumber :
  • Pexels/Kaboompics/Karolina

VIVA – Kopi Toraja merupakan salah satu kopi terbaik yang dimiliki Indonesia. Bahkan kedahsyatan rasa kopi ini sudah sangat tersohor hingga ke negara-negara lain di dunia.

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Tapi, tahukah Anda bahwa saking tersohornya kopi ini di mancanegara, sampai membuat kopi Toraja yang beredar di Indonesia tak sebaik kualitasnya dengan kopi yang diekspor?

Menurut Disyon, pemilik dari Toraja Coffee House, kopi Toraja dengan kualitas baik di Indonesia tidak ada, karena semua habis diekspor.

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

"Sampai untuk yang diekspor pun masih kurang. Jadi kopi Toraja yang beredar di Indonesia bukan kualitas terbaiknya," ujar Disyon saat konferensi pers pembukaan Toraja Coffee House di kawasan Menteng Dalam, Jakarta, Jumat, 24 November 2017.

Kopi Toraja sudah dikenal di mancanegara sejak berabad-abad lalu. Bahkan, pada abad 19 kopi Toraja menjadi bahan perbincangan di kalangan elite Batavia dan menjadi salah satu komoditas perdagangan yang dikirim ke Eropa.

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Hingga kini, kepopuleran kopi Toraja sudah merambah ke Amerika, Eropa, Australia, dan Jepang.

Kopi Toraja, kata Disyon, memiliki cita rasa yang khas. "Rasanya sangat gurih, lengkap, asam dan pahitnya seimbang, serta body-nya yang kuat. Jadi, kalau kita minum tidak hanya sekadar pahit," lanjutnya.

Kopi Toraja masuk ke dalam jenis kopi arabika karena ditanam di atas ketinggian 1.200 mdpl. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya