Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 27 November 2017 | 13:20 WIB
  • Begini Cara Memfoto Makanan Biar Dapat Banyak Like

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Putri Firdaus
Begini Cara Memfoto Makanan Biar Dapat Banyak Like
Photo :
  • Pixabay/katjasv
Hasil makanan cantik setelah difoto.

VIVA – Semakin hari, jenis makanan Instragrammable yang bikin ngiler semakin banyak bermunculan. Tak sedikit yang kemudian memfoto makanan tersebut dan mengunggahnya di media sosial.

Tapi, makanan dengan presentasi sebagus apapun tidak akan bikin orang lain tergiur kalau fotonya diambil dengan cara yang kurang tepat. Untuk itu, ada baiknya Anda tahu kesalahan seperti apa yang harus dihindari saat mengambil foto makanan. Berikut di antaranya diolah VIVA dari berbagai sumber.

Menggunakan flash

Cukup gunakan cahaya alami saat melakukan food photography. Jangan gunakan flash, karena selain merusak foto, cahaya flash juga mengganggu orang sekitar Anda saat ada di restoran.

Salah fokus dan terlalu dekat

Pastikan fokus kamera pada makanan. Jangan sampai makanan utama justru menjadi buram. Hindari menggunakan fitur zoom. Jangan memfoto terlalu dekat agar yang menikmati foto tahu makanan apa yang Anda bidik.

Sudut pandang sama dengan saat makan

Aspek ini termasuk yang krusial. Tidak semua makanan cocok untuk difoto dengan sudut 45 derajat. Gunakan lebih banyak angle seperti dari samping atau menggunakan top-down view yang diambil dari atas. Tapi ingat, tidak di semua tempat Anda dapat memfoto makanan dengan angle ini seperti fine-dining restaurant misalnya.

Edit berlebihan

Sebaiknya tampilkan makanan dengan warna apa adanya. Gunakan filter yang menunjukkan kondisi alami makanan.

Posisi itu-itu saja

Jangan selalu menempatkan posisi makanan di bagian tengah. Foto Anda akan terkesan membosankan dan tidak kreatif. Coba posisikan di pinggir frame atau titik lain selain di tengah.

Jangan terlalu ramai

Bersihkan hidangan yang akan difoto dari benda-benda tak penting. Jika makanan terlihat tidak menarik, gunakan tambahan properti lain agar menarik. (ren)