Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 29 November 2017 | 11:07 WIB
  • Perjalanan Pak Bondan, dari Penulis Hingga Pakar Kuliner

  • Oleh
    • Tasya Paramitha
Perjalanan Pak Bondan, dari Penulis Hingga Pakar Kuliner
Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
Bondan Winarno di kediamannya.

VIVA – Rabu pagi, 29 November 2017, publik dikejutkan dengan berita duka meninggalnya Pakar Kuliner Indonesia yang terkenal dengan gimmick 'maknyus', Bondan Winarno. Pria yang lahir di Surabaya, Jawa Timur, 29 April 1950 itu meninggal dunia di usia 67 tahun di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta.

Dikutip dari berbagai sumber, semasa hidupnya, Bondan merupakan seorang penulis lepas di berbagai media cetak. Ia, kemudian menjadi seorang jurnalis dan sempat menjabat sebagai redaktur kepala majalah SWA pada 1984-1987. Ia juga pernah menjadi pemimpin redaksi harian Suara Pembaruan pada 2001-2003.

Sebelum dikenal sebagai Pakar Kuliner Tanah Air, Bondan juga banyak bergerak di dunia kuliner. Ia, bahkan merupakan pelopor dan ketua komunitas wisata boga Jalansutra, yang populer di Indonesia.

Namun, namanya melambung sejak menjadi presenter dalam acara kuliner di salah satu stasiun televisi swasta, yakni program Wisata Kuliner.

Dalam program tersebut, Bondan sering mengucapkan "Pokoke Maknyus", setiap sehabis mencicipi hidangan. Ungkapan itu, lantas dipakai untuk menggambarkan kondisi yang nyaman, enak, dan sebagainya.

Bondan juga terjun ke dunia bisnis kuliner, dengan menjadi pengusaha dan menjabat sebagai Presiden Ocean Beauty Internasional, perusahaan makanan laut yang berbasis di Seattle, Washington, Amerika Serikat.

Ia juga mendirikan Kopitiam Oey, restoran peranakan yang namanya cukup terkenal di Indonesia. (asp)