Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 29 November 2017 | 13:36 WIB
  • Tips Warisan Pak Bondan soal Santap Makanan Berlemak

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati
Tips Warisan Pak Bondan soal Santap Makanan Berlemak
Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
Bondan Winarno di Kediamannya

VIVA – Kabar duka datang pagi tadi dari Bondan Winarno. Dia meninggal dunia pada usia 67 tahun di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta tahun akibat gagal ginjal.

Semasa hidupnya, Bondan dikenal sebagai pakar kuliner kawakan Tanah Air. Selain mengomentari segala macam makanan, pria yang dikenal dengan kata maknyus ini juga kerap memberikan tips.

Salah satu tips warisannya adalah tetap sehat meski sering menyantap makanan penuh lemak dan kolesterol. Menurut pria kelahiran Surabaya itu, tipsnya adalah harus menggunakan rumus know what you eat atau kenali apa yang Anda makan.

"Kalau lagi syuting, sehari kami bisa mendatangi 8-12 tempat. Semua makanan saya cicipi, tapi tidak dihabiskan," kata Bondan, yang pernah menjadi presenter acara kuliner di televisi itu kepada VIVA, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, jika tiga hari dia selalu makan enak maka dua hari berikutnya harus melakukan detoksifikasi. Caranya, tidak makan sama sekali dan hanya minum air dua liter. Selain itu, setiap dua jam sekali harus minum jus buah dan sayur tanpa gula ditambah suplemen.

"Kalau selama tiga hari berat saya tambah 1,5 kilogram karena makan lemak dan kolesterol, setelah detoksifikasi selama dua hari, bobot saya akan kembali normal," ujarnya.

Baca juga:

Semasa Hidup, Bondan Winarno Ogah Konsumsi Makanan Ini
Bondan Winarno 'Maknyus' Meninggal Dunia, Warganet Berduka

Di samping itu, Bondan juga rutin berolah raga selama dua jam sehari, seperti bersepeda dan berenang. Menurutnya, disiplin berolahraga dan diet membuat gula darah normal, sehingga dia tak perlu mengonsumsi obat antihipertensi.

"Saya tidak perlu minum obat antihipertensi yang saya minum selama delapan tahun. Saya merasa lebih baik, lebih gembira dan menikmati hidup," kata Bondan.