Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 4 Desember 2017 | 10:40 WIB
  • Pentingnya Cheat Meals Agar Diet Berhasil

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Adinda Permatasari
Pentingnya Cheat Meals Agar Diet Berhasil
Photo :
  • Pexels/Unsplash
Cupcake.

VIVA – Bukan hanya pizza, sains telah membuktikan bahwa mengonsumsi es krim, pasta, dan bahkan mi, bisa membantu kita menurunkan berat badan.

Dilansir dari laman Times of India, Senin 4 Desember 2017, sebuah studi yang dilakukan di Portugal, memastikan bahwa mengonsumsi makanan tidak sehat pada satu hari dalam seminggu, atau sering disebut cheat meals, bisa membuat Anda menjaga upaya menurunkan berat badan.

Dalam studi ini, beberapa orang dibagi ke dalam dua kelompok. Satu kelompok ditaruh dalam usaha diet menurunkan berat badan dengan cheat meals, dan kelompok lainnya ditaruh dalam rangkaian diet ketat tanpa cheat meals.

Studi tersebut menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi cheat meals setiap minggu lebih bahagia dan lebih termotivasi untuk menurunkan berat badan. Sementara itu, mereka yang tidak mengonsumsi cheat meals, langsung kehilangan minat dalam rencana penurunan berat badan mereka.

Aturan untuk cheat meals sangatlah sederhana, memakan cheat meals membuat diet lebih terjaga dan membantu Anda tetap berada di jalur tanpa harus kehilangan komitmen.

Misalnya, jika Anda tahu Anda bisa memakan sepotong donat pada hari cheat meals, Anda tidak akan merasa sangat bernafsu ketika melihat donat. Tetapi, kalau Anda terlalu ketat menahan diri dari memakan donat favorit Anda, pemandangan donat di depan mata bisa membuat Anda kehilangan kendali dan melahap junk food begitu Anda melihatnya.

Meski demikian, pahami perbedaan antara makan berlebih dengan cheat meals. Makan berlebih berarti Anda terus makan dalam jumlah besar tanpa kendali. Sementara itu, cheat meals, berarti Anda makan pizza dalam jumlah terkontrol.

Cheat meals hanya berarti melepaskan hormon kebahagiaan dalam tubuh, karena kortisol atau hormon stres hanya akan memicu penambahan berat badan. Karenanya, ketahuilah perbedaannya.

Cheat meals juga membantu tubuh Anda beristirahat dari siklus diet yang membosankan. Jika Anda memakan sereal gandum di pagi hari, roti gandum di siang hari, buah untuk camilan dan sup atau sayuran panggang untuk makan malam, Anda akan cepat bosan. Jadi, kejutkan tubuh Anda dengan cheat meals, sekaligus menurunkan berat badan Anda dalam prosesnya.