Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 5 Desember 2017 | 08:00 WIB
  • Ilmuwan Ungkap Sup Ayam Bisa Obati Sakit Flu

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Alika Noor
Ilmuwan Ungkap Sup Ayam Bisa Obati Sakit Flu
Photo :
  • Pixabay/young_amyc
Ilustrasi sup ayam.

VIVA – Kehadiran musim hujan kerap disertai dengan cuaca tak bersahabat yang berdampak pada daya tahan tubuh. Jika daya tahan lemah, tubuh menjadi mudah terserang penyakit.

Salah satu penyakit yang kerap melanda kala musim hujan adalah flu. Jika Anda termasuk yang mudah terinfeksi virus flu, tak ada salahnya jika mencoba pengobatan dengan menyantap sup ayam.

Ilmuwan dari Universitas Nebraska melakukan penelitian dengan menggunakan resep sup ayam dari neneknya. Seperti dilansir dari laman Daily Mail, Senin, 4 Desember 2017, penelitian tersebut mengungkapkan bahwa aroma rempah-rempah dan uap panas dari sup ayam dapat menghilangkan ‘kemacetan’ pada sistem pernapasan yang disebabkan flu biasa.

Selain itu, ditemukan pula bahwa sup ayam bisa meredakan gejala infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) karena mengandung zat inflamasi.

Sebelumnya, di daerah setempat telah beredar mitos tentang menyembuhkan flu dengan semangkuk sup ayam. Mitos tersebut berasal dari abad ke-12, di mana dokter dan filsuf Yahudi Mesir, Moshe ben Maimon, merekomendasikan sup ayam untuk mengobati gejala flu.  

Sejak saat itu, resep untuk kaldu hangat telah diturunkan selama beberapa generasi yang disertai desas-desus tentang kemampuannya melawan hawa dingin pada tubuh.

Dr Stephen Rennard, ilmuwan yang melakukan penelitian itu, mempelajari tiga tahap dari apa yang ia sebut resep ‘Sup Nenek’, yang bahannya terdiri ayam, bawang merah, ubi jalar, parsnip (sejenis lobak merah), lobak, wortel, batang seledri, peterseli, garam dan merica.

Dia memeriksa apakah pergerakan neutrofil, sel darah putih dalam darah yang mempertahankan tubuh terhadap infeksi, akan diblokir atau dikurangi dengan sup ayam. Diduga bahwa mengurangi pergerakan neutrofil dapat menurunkan aktivitas pada saluran pernapasan bagian atas yang menyebabkan gejala mirip flu.

Hasilnya menunjukkan bahwa sup ayam memiliki komponen anti-inflamasi, yang dapat mengurangi gejala dan infeksi saluran pernapasan bagian atas. Dr Rennard menambahkan bahwa kenyamanan psikologis dan fisik akibat menikmati sup ayam tersebut juga memberi efek plasebo.

Selain itu, ada juga studi lain pada hampir 40 tahun lalu yang menemukan bahwa aroma, panas dan rempah sup ayam dapat membantu membersihkan sinus dan kemacetan dengan memecah lendir dan membuka saluran udara.

Meski peneliti tidak dapat mengidentifikasi secara spesifik bahan mana dalam sup yang membuatnya mampu melawan pilek, mereka berteori itu mungkin merupakan kombinasi dari ramuan yang bekerja sama untuk memiliki efek menguntungkan.

“Sup bisa memperbaiki rehidrasi dan nutrisi dalam tubuh. Kebanyakan sup termasuk ramuan yang  bernutrisi tinggi. Sup Nenek mengandung lebih dari lima sayuran yang mengandung serat, vitamin C dan antioksidan tinggi. Minum seluruh mangkuk dapat memberi nutrisi dosis harian yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan dingin karena flu,” ujar Rennard.