Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 5 Desember 2017 | 10:35 WIB
  • Penggila Durian Wajib Datang ke Festival Sinapeul

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Isra Berlian
Penggila Durian Wajib Datang ke Festival Sinapeul
Photo :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan
Buah durian.

VIVA – Durian menjadi salah satu buah yang paling diminati dan diburu hingga ke penjuru kota di Indonesia. Rasa legit dan gurihnya membuat buah berwarna kuning ini jadi idaman.

Jika Anda pencinta durian dan ingin menikmati berbagai sajian durian dan produk olahan durian? Datang saja ke Festival Durian Sinapeul tepatnya di Pasar Ikan Regional Desa Lengkongkulon, Kecamatan Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat.

Festival ini digelar pada 9 hingga 10 Desember 2017 ini, wisatawan akan disajikan dengan durian lokal Sinapeul. Hanya dengan membayar Rp50 ribu pengunjung bisa makan durian sepuasnya.

Tak hanya itu saja, para wisatawan juga akan disuguhkan dengan acara-acara menarik. Seperti Pameran, Pertunjukan, Games dan Bazaar.

Penggagas acara, KH. Maman Imanulhaq atau biasa disapa Kang Maman mengatakan Festival Durian Kawit Wangi Sindangwangi adalah event untuk memperkenalkan destinasi wisata kuliner khas Majalengka. 

"Diketahui, durian Sinapel Sindangwangi adalah produk durian lokal khas Majalengka yang dikenal luas maka butuh dipromosikan secara luas, termasuk festival durian," ujarnya dalam siaran pers, Selasa 5 Desember 2017.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengutaraka,n festival ini akan memperkaya Kabupaten Majalengka, dan Jawa Barat pada umumnya sebagai destinasi yang komplit.

Seperti diketahui, Jawa Barat selama ini dikenal dengan ragam potensinya di sektor budaya. Jawa Barat juga menarik dengan keindahan alamnya.

“Dan kini Jawa Barat juga dikenal dengan agro wisata, khususnya durian,” ujar Menpar Arief Yahya.

Lebih lanjut dengan acara ini, katanya diharapkan popularitas durian Sinampeul bakal makin dikenal. Ia mengatakan, kuliner bisa menjadi salah satu bentuk diplomasi budaya dan juga pariwisata ke dunia luar.

Ia mencontohkan bagaimana durian montong asal Thailand yang begitu dikenal. Banyak wisatawan pun yang kemudian memburunya.

“Setiap daerah harus dapat mengangkat potensi lokal yang dimiliki. Melalui festival ini, Kabupaten Majalengka telah memperkenalkan lagi salah satu potensinya,” kata Arief.

Sementara itu, Kepala Bidang Promosi Wisata Budaya Kemenpar, Wawan Gunawan mengutarakan Sindangwangi merupakan Kecamatan dengan potensi pariwisata berlimpah yang berada di belahan Timur wilayah Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat.

“Festival ini berisi rangkaian pameran produk olahan durian, crafts, game, durian lokal, pertunjukan budaya, dan promosi wisata Sindangwangi,” ujar Wawan.

Kecamatan Sindangwangi sendiri dikatakannya memang memiliki potensi yang besar untuk agro wisata, khususnya durian. Sebab di Sindangwangi terdapat hamparan kebun durian yang luasnya mencapai 16 hektare, dan terkonsentrasi  di satu Desa Ujungberung.

Selain itu juga tersebar di beberapa kebun milik masyarakat di desa-desa yang berada di wilayah Kecamatan Sindangwangi dan menghasilkan produk durian lokal unggulan yang cukup dikenal yaitu Durian Sinapeul.

“Tujuan diadakannya Festival Durian Sinapeul selain mengembangkan potensi wisata Sindangwangi, tapi tujuan utama tentu saja lebih memperkenalkan Durian Sinapeul ke masyarakat Indonesia dan internasional,” ujarnya.