Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 6 Desember 2017 | 15:33 WIB
  • Mencicipi Gurihnya Laksa Singapura dengan Bumbu Lokal

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Zahrul Darmawan (Depok)
Mencicipi Gurihnya Laksa Singapura dengan Bumbu Lokal
Photo :
  • VIVA/Zahrul Darmawan
Laksa Singapura De Margo Resto

VIVA – Siapa tak kenal Laksa? Makanan ini adalah satu dari sekian banyak kuliner Nusantara yang tersohor di wilayah Bogor dan Jakarta.

Namun kuliner berkuah kental ini juga jadi salah satu hidangan khas di Singapura. Untuk menyantap Laksa Singapura ini, Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena makanan tersebut bisa dinikmati di restoran The Margo Hotel sebagai salah satu menu favorit yang sengaja disiapkan pada akhir tahun ini.

Adapun perbedaan laksa lokal dengan laksa Singapura adaah pada bagian mi dan bahan pelengkap lainnya. Jika Laksa Bogor biasanya menggunakan oncom dan Laksa Betawi menggunakan kuah memakai udang rebon, nah untuk Laksa Singapura menggunakan bumbu lain, yakni ebi dan terasi.

“Yang beda, kami menggunakan mi udon, yakni mi Jepang yang kenyal dan gurih. Untuk bumbu-bumbu, kami gunakan khas Indonesia yang kaya akan rempah-rempah,” kata Chef De Margo Resto, Hendra, Rabu 6 Desember 2017.

Menu ini cocok disantap pada saat musim penghujan seperti saat ini. Meski berbau luar negeri, namun bumbu dan bahan-bahan menu yang disajikan hampir seluruhnya menggunakan bahan lokal yang telah disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia.

“Untuk rasa tentunya kita menyesuaikan dengan selera (Indonesia),” kata dia.

Dalam satu mangkuk Laksa Singapura, terdapat mi udon, udang rebus ukuran jumbo, telur rebus, taoge dan kuah kari berbumbu gurih. Untuk bisa menikmati satu mangkuk Laksa Singapura, hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp70 ribu dengan porsi besar, yang bisa dinikmati hingga dua orang.

“Ini (Laksa Singapura) salah satu yang diunggulkan,” ucap Sales Manager The Margo Hotel, Haris Dwi Pamungkas. (mus)