Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 7 Desember 2017 | 11:28 WIB
  • RESEP: Salad dan Gorengan Berlumur Saus Honey Mustard

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Adinda Permatasari
RESEP: Salad dan Gorengan Berlumur Saus Honey Mustard
Photo :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari
Kombinasi salad dan gorengan dengan Saus Honey Mustard.

VIVA – Gorengan biasanya selalu diidentikan dengan makanan tidak sehat, yang memicu berbagai penyakit berbahaya. Tapi ternyata, gorengan tetap bisa menyehatkan asal dibuat dengan proses yang benar.

Chef Chandra Yudasswara mengatakan, agar gorengan tetap sehat untuk dikonsumsi, gunakanlah minyak yang 'fresh' dan tidak dipakai secara berulang. Dan yang terpenting, jangan mengonsumsi gorengan secara berlebihan.

Nah, bagi Anda pecinta gorengan tapi tetap ingin memperhatikan kesehatan, Chef Chandra Yudasswara memberikan menu alternatif dalam menyajikan gorengan. Jenis gorengan yang dibuat adalah bakwan jagung dengan tambahan udang, kemudian disajikan bersama salad sayuran dengan saus honey mustard, serta tambahan yoghurt.

Kombinasi Salad dan Gorengan

Bahan-bahan

-1 cangkir atau 220 gram tepung terigu khusus gorengan
-300 gram jagung
-20 ekor udang
-1 butir telur
-Garam secukupnya
-1 sdm mustard
-1 sdm madu
-8 sdm minyak zaitun
-Yoghurt plain (tanpa rasa)

Cara membuat

1. Campur semua bahan gorengan hingga rata. Kemudian, panaskan minyak hingga 170 derajat. Deep fried adonan, lalu masak hingga berwarna coklat keemasan.

2. Untuk membuat saus dressing, campurkan mustard, madu, dan minyak zaitun. Aduk semuanya hingga tercampur rata. Salad yang dipilih oleh Chandra adalah mix lettuce, namun Anda bisa berkreasi dengan jenis sayuran lainnya. Taruh salad dalam wadah, tuangkan dressing, lalu tambahkan yoghurt.

3. Jika Anda suka pedas, Anda bisa menaburkan bubuk cabai atau lada di atas salad. Setelah itu, barulah tambahkan potongan gorengan pada salad Anda. Sajian ini sangat pas untuk menjadi menu pembuka.