Tak Semua Yogurt Punya Manfaat Sehat

Yogurt.
Sumber :
  • Pixabay/ PublicDomainImages

VIVA – Yogurt dikenal sebagai makanan yang baik bagi tubuh. Tak hanya menjaga kesehatan pencernaan, yogurt juga memiliki segudang manfaat lain bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

A Company Offers IDR158 Million for 30 Days Without Smartphone

Karenanya, konsumsi yogurt secara rutin setiap hari sangat dianjurkan. Tapi, menurut ahli gizi Emilia Achmadi, kita juga harus cermat dalam memilih produk yogurt yang benar.

"Yogurt yang sebenarnya adalah yogurt yang terbuat dari susu asli, bukan susu bubuk, serta diproses dengan suhu tepat sehingga masih terdapat bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan," ujarnya saat peluncuran Greenfields Yogurt di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis 7 November 2017.

5 Sarapan Terbaik Pangkas Kolesterol Tinggi, Mudah Dibuat!

Yogurt yang masih mengandung bakteri baik, seharusnya tidak lagi melalui pemanasan tinggi. Tapi, pada produk yogurt impor, banyak yang mengalami proses pemanasan dengan suhu tinggi lagi.

Hal ini karena kebanyakan produk olahan susu berumur pendek dan mudah rusak. Sehingga, proses pemanasan diperlukan agar produk bisa bertahan lebih lama.

4 Cara Membuat Yoghurt Sendiri di Rumah, Lebih Sehat dan Praktis

Sayangnya, proses ini justru mematikan bakteri baik yang justru bermanfaat bagi kesehatan.

"Di samping itu, yogurt yang benar-benar yogurt adalah yang memiliki rasa enak dan tekstur," imbuhnya.

Pada label yogurt, perlu juga diperhatikan ada yang bernilai tinggi dan rendah. Yogurt sebaiknya, tinggi protein, serat, dan kalsium. Serta, rendah lemak dan gula.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya